SMP N 2 Yaro berkemah selama hari

Pembakaran api unggun saat perkemahan di SMP N 2 Yaro, Tanah Merah, Rabu (06/11/2023). – Bumiofinavandu.

Tanah Merah – Yaro, Bumiofinavandu –  SMP N 2 Yaro, Distrik Yaro, Nabire – Papua Tengah, menggelar Perkemahan selama dua hari. Perkemahan itu berlangsung dari Selasa – Rabu (05 – 06) Desember 2023.

Selama dua hari itu, adik-adik Pramuka dibekali materi dari para pembina, seperti sejarah kepramukaan, semaphore, hiking hingga pembakaran api unggun.

Bacaan Lainnya

Wakil kepala Sekolah SMP N2 Yaro, Rocky Matitahatiwen mengatakan, perkemahan dilaksanakan usai pelaksanaan ulangan akhir semester ganjil, sekaligus mengisi waktu sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Perkemahan tersebut baru pertama kali dilaksanakan, dengan tujuan untuk memperkenalkan siswa-siswinya tentang kepramukaan.

“Kami kemah saat usai ujian akhir semester, dengan tujuan untuk memperkenalkan murid tentang kepramukaan,” kata Rocky.

Selain itu menurut dia, Sekolahnya belum dibentuk gugus depan. Maka usai perkembangan dan memasuki semester baru nanti, akan diupayakan untuk pengukuhan gugus depan dan pelantikan Kamabigus.

“Kami belum ada gudep, tapi masuk Januari nanti aka nada pembentukan Gudep di sekolah ini,” tuturnya.

Melalui perkemahan ini, diharapkan membawa nilai positif terutama bagi peserta didiknya. Terutama menumbuhkan rasa percaya diri, disiplin, saling menghargai serta mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila.

“Serta dapat dapat mengembangkan minat bakat dalam menghadapi masa depan sebagai generasi penerus bangsa yang bermartabat,” harap saat memimpin upacara pembukaan perkemahan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 2 Yaro, mengungkapkan bahwa kegiatan perkemahan di sekolah yang dipimpinnya ini baru pertama kali dilakukan. Sehingga jika terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya dapat dimaklumi.

Maka kedepannya, kegiatan kepramukaan di sekolah yang dipimpinnya akan ditingkatkan.

“Kita ini masih baru dan awam tentang Pramuka, tapi untuk tahun-tahun yang akan datang kita harus tingkatkan,” pesannya saat memimpin pembakaran api unggun.

Salah satu peserta perkemahan, Kiana Kogoya merasa senang dan gembira karena bisa berkumpul melalui perkemahan bersama rekan-rekannya.

Menurut Kiana yang pernah menjadi pramuka siaga ini, bahwa selain senang dan gembira, ia bisa mendapatkan pelajaran dan ilmu yang tidak diperoleh di bangku pendidikan.

“Saya senang sekali, karena bisa kemah dengan kawan-kawan. Padahal dulu pernah ikut kemah saat siaga, lalu lama lagi baru gabung pramuka. Saya rasa, ada ilmu dan pengalaman baru yang kami dapatkan dari perkemahan ini,” pungkas siswi kelas 2 SMP ini.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *