DPW PKB PT buka pendaftaran calon kepala daerah, Sigit; PKB punya empat kategori nilai tawar

Konferensi pers DPW PKB Papua Tengah, Jumat (03/05/2024). – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Provinsi Papua Tengah, mulai membuka pendaftaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) untuk pemilihan umum serentak. Proses pendaftaran tidak terbatas hanya untuk kader, namun bagi semua figure yang berminat maju dalam pemilu 2024.

Pelaksana Harian Ketua DPW PKB Papua Tengah, Oktovianus Gobay mengatakan partainya telah membuka pendaftaran bagi putra dan putri terbaik untuk mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta calon Bupati dan Wakil Bupati.

Bacaan Lainnya

“Pendaftaran ini untuk calon Gubernur, Calon Wakil Gubernur dan Bupati Wakil Bupati untuk delapan Kabupaten di Papua Tengah,” kata Gobai saat konferensi pers di Kantor PKB Jalan PDAM Nabire, Jumat (03/05/2024).

Para pendaftar ungkap Gobai, dimohon untuk menghadiri pertemuan dengan Ketum PKB di Makassar Tanggal 05 Mei dalam rangka kegiatan ta’aruf Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

“Jadi mereka calon kepala daerah yang sudah mendaftar di partai diharapkan untuk menghadiri undangan yang sudah disampaikan saat pendaftaran. Dan Untuk calon yang sudah mendaftar selama ini di online, undangannya sudah ada. Sedangkan tambahan yang baru ingin mendaftar hari ini dan besok, undangannya akan diberikan. Disana dipersilahkan semua calon kepala daerah dan silahkan untuk melobi dan dengan Ketum,” ungkapnya.

Dalam proses penjaringan calon Kepala Daerah ini, Sekretaris PKB Papua Tengah, Sigit Triantoro menjelaskan, sesuai instruksi DPP PBK melalui peraturan partai bahwa proses ini partai akan membentuk Desk Pilkada baik dari DPP, DPW dan DPC.

Di tingkatan DPC proses penjaringan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil walikota. Dan untuk Tingkat Provinsi untuk menjaring Gubernur dan calon Gubernur.

“Dan proses pendaftaran sebetulnya sudah dilaksanakan oleh DPP PKB beberapa waktu lalu dan sudah bisa mendaftar secara online. Dan hari ini, DPW Papua Tengah baru secara resmi membuka pendaftaran namun onlinenya sudah mengikuti DPP,” jelas Sigit.

Dan hingga hari ini menurutnya, sudah banyak calon mendaftar secara online. Rinciannya, DPC Deiyai sudah mencatat tujuh pendaftar, DPC Mimika sudah lebih 1o calon.

Nah, sedangkan proses penjaringan dibagi menjadi empat kriteria. Misalnya pengusung tunggal, yakni wilayah – wilayah yang memperoleh kursi lebih dari dua 20% kursi tanpa koalisi. Lalu pengusung utama adalah wilayah yang memperoleh kursi sebanyak 10.1 % ke atas – 19,9 %lalu pengusung mulai dari wilayah yang memperoleh kursi lebih dari 10% ke bawah dan pendukung adalah yang tidak memperoleh kursi.

“Ini empat kategori yang menjadi dasar nilai tawar PKB untuk pilkada November mendatang. Dan proses penjaringan mulai dari online sesuai alamat linknya dan bermuara ke sekretariat desk pilkada masing-masing wilayah baik Provinsi maupun Kabupaten,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait