Ketemu Kemenhub, Gobai; Kami masih butuh angkutan perintis

Ketua Kelompok Khusus DPR Papua, John NR Gobai saat bertemu Ka Subdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Jumat (11/08/2023). – Bumiofinavandu/ISTIMEWA.

Nabire, Bumiofinavandu –  Lagi-lagi, Ketua Kelompok Khusus (Poksus) DPR Papua, John NR Gobai, mendatangi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Jumat (11/08/2023). Kunjungan dengan agenda usulan trayek kapal dan subsidi perintis ke pedalaman Provinsi Papua Tengah.

Kemenhub yang ditemui adalah Subdit Angkutan Laut Dalam Negeri dan mengusulkan penambahan trayek atau pelabuhan singgah dari kapal perintis. Mengingat wilayah Papua masih butuh angkutan perintis.

Bacaan Lainnya

“Seperti Sabuk Nusantara untuk beberapa titik di Nabire. Misalnya dari Wasior, Teluk Umar, Yaur, Nabire, dari arah Serui ke Waropen kemudian menuju Wapoga di Kampung Dokis  kemudian ke Napan dari Napan menuju Nabire,” ujar Gobai melalui panggilan selulernya pada Jumat (11/08/2023) kemarin.

Sementara untuk wilayah Selatan, Gobai juga mengusulkan perlu pengadaan airboat. Hal ini lantaran banyak terjadi pendangkalan, sehingga pelayanan transportasi terhambat.

Selain itu perlu ada trayek perintis Pomako – Kokonao dan Potowayburu , Pomako – Jita (Sipu Sipu), Agimuga, Agats.

“Ini usulan baru. Sebab kita di wilayah Papua masih sangat butuh angkutan perintis,” terangnya.

Bukan hanya itu, masih terdapat usulan untuk pemberian subsidi untuk penerbangan-penerbangan Perintis dari dan ke Nabire. Misalkan; Youtadi, Dadou Kabupaten Paniai, Intan Jaya, Deiyai, Sukikai dan Apouwo, Dogiyai, Puncak Jaya, Puncak, Dipa dan Menou, Kabupaten Nabire untuk daerah yang terpencil harus diberikan subsidi transportasi.

Dia kemudian menunjukan trayek-trayek yang telah ditetapkan oleh Kemenhub, khususnya untuk trayek-trayek kapal perintis.

Gobai mengapresiasi Kabupaten Asmat yang telah mengupayakan pelayanan di sejumlah titik di Kabupaten itu. Yang trayek kapal perintisnya telah berpangkalan di Kabupaten Merauke.

“Sebab di wilayah Utara Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Yapen Waropen, Kabupaten Mamberamo Raya, mendominasi trayek trayek dari kapal perintis. Ini juga sebuah hal yang perlu diapresiasi karena telah diupayakan oleh mereka para stakeholder di sana untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Can I just say what a relief to find someone who actually knows what theyre talking about on the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important. More people need to read this and understand this side of the story. I cant believe youre not more popular because you definitely have the gift.