Lima Komisioner KPU Intan Jaya dilantik

Lima Komisioner KPU Intan Jaya saat mengikuti pelantikan secara virtual di Kantor KPU Papua Tengah, Selasa (20/02/2024). – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu   Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari melantik 77 komisioner KPU dari beberapa provinsi dan Kabupaten. pelantikan berlangsung secara virtual di Kantor KPU Jakarta dan diikuti oleh Komisioner yang dilantik di masing-masing daerah, untuk masa jabatan 2024 – 2029.

Lima dari komisioner yang dilantik berasal dari KPU Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Mereka diantaranya, Dami Zanambani, Johan Maiseni, Junus Miagoni, Nolianus Kobogau, dan Penias Siomay. Mereka didampingi Komisioner KPU papua Tengah, Oktovianus Takimai, Sekretaris KPU Intan Jaya dan Sekretaris KPU Papua Tengah di Kantor KPU Papua Tengah Lt. 2 Jalan Drs A. Gobai. Selasa (21/02/2024).

Dalam arahannya Hasyim Asy’ari menyampaikan pesan kepada seluruh Komisioner yang baru dilantik agar dalam melaksanakan tugasnya nanti, harus berpegang teguh kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama UU Pemilu.

“Termasuk peratusan Bawaslu dan peratusan DKPP, serta berpegang teguh kepada kode etik sebagai penyelenggara pemilu. Serta mengikuti standar dan ketentuan yang telah ditentukan,” pesan Ketua KPU RI.

“Sehingga para Komisioner akan segera bekerja usai dilantik. Dan tidak ragu-ragu dengan berpegang teguh kepada aturan, tidak terombang ambing, tidak mudah terprovokasi dengan rayuan rayuan yang sifatnya bertentangan dengan peraturan perundang undangan,” sambungnya lagi.

Menurut Hasyim, dalam lembaga penyelenggara pemilu terdapat dua unsur yakni anggota dan staf KPU. Sehingga Ia meminta untuk selalu solid dan segala sesuatu diputuskan sesuai mekanisme dan kolektif kolegial melalui rapat pleno.

Harus berkoordinasi dan supervisi, monitoring secara ketat supaya proses-prosesnya berjalan secara jujur, profesional, transparan, dan akuntabel.

“Sebab segala keputusan akan menindak lanjuti keputusan adalah secretariat,” tuturnya.

Dikatakan, tugas anggota KPU setelah proses pemungutan suara ialah menjaga keaslian atau kemurnian suara pemilih, mulai dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS), Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, sampai Nasional.

“KPU Provinsi harus beroordinasikan jajaran KPU kabupaten/kota sekaligus menjembatani antara KPU pusat dan KPU Kabupaten/Kota.” kata Hasyim mengingatkan.

Segera naik ke Intan Jaya

Semantaran itu, Komisioner Kapu Papua Tengah, Divisi Sosialisasi SDM Oktovianus Takimai menambahkan, usai dilantik maka kelima komisioner KPU Intan Jaya akan segera mengambil alih tugas di daerahnya. Sebab saat ini tahapan Pemilu sedang memasuki proses rekapitulasi.

Rekapitulasi tersebut untuk beberapa Distrik yang telah melakukan pemungutan suara. Selain itu, tugas mereka adalah melakukan PSU untuk beberapa Distrik yang belum melakukan pencoblosan.

“Jadi teman-teman ini akan langsung naik ke intan jaya untuk melaksanakan tugas sebagai anggota KPU. Jadi mereka akan melanjutkan tugas yang sedang berlangsung, kemudian masa tugas mereka dari 2024 – 2029 nanti,” tambah Takimai.

Dia berharap agar kelima Komisioner tersebut dapat bekerjasama, solid dan berpegang teguh prinsip kolektif kolegial dalam bekerja.

“Dan bekerja sama serta koordinasi yang baik dengan teman-teman secretariat di sana,” pasan Takimai.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Recently I subscribed to this fantastic website, they share useful knowledge with followers. The site owner is gifted at educating fans. I’m delighted and hope they maintain their wonderful skills.

  2. Usually I do not read article on blogs however I would like to say that this writeup very compelled me to take a look at and do so Your writing taste has been amazed me Thanks quite nice post