Gugus Depan Gerakan Pramuka

*Sefnat Karubuy.

GUGUS DEPAN itu pangkalan terdepan Gerakan Pramuka. Fungsi dan tugas Gugus Depan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi. Sebagai satuan pendidikan, Gugus Depan bertanggung jawab menjalankan pendidikan bagi peserta didik dengan capaian yang terukur. (AD/ART Gerakan Pramuka pasal pasal 12 ayat(5)   Gugusdepan – gugus depan yang berpangkalan bersekolah yang berada di suatu wilayah tertentu dapat bergabung menjadi kelompok gugusdepan dan Pasal 43 tentang Gugus Depan, (1)   Gugusdepan adalah satuan organisasi terdepan Gerakan Pramuka yang merupakan unit pendidikan kepramukaan. (2)   Gugusdepan dikelola secara kolektif oleh Pembina Gugus Depan yang terdiri dari Ketua Gugusdepan, Pembina Satuan dan Pembantu Pembina Satuan).

Bacaan Lainnya

Ukuran keberhasilan pendidikannya yang dapat dilihat adalah SKU, SKK, dan SPG. Ketika peserta didik banyak yang dilantik, tentu dengan proses yang benar dan baik, Gudep tersebut dikatakan baik. Kegiatan hanyalah medium untuk menjalankan pendidikan. Jadi jangan bangga banyak kegiatan tetapi SKU, SKK, dan SPG tidak dijalankan.

Sebagai satuan organisasi, Gudep berkoordinasi administratif dan manajemen dengan Kwarran. Gudep menjalankan tata kelola manajemen kependidikan dan administrasi peserta didiknya.

Gudep adalah rumah belajar bagi adik² pramuka, dibina dengan cara² kepramukaan, dikelola dengan manajemen Gerakan Pramuka, pengelolanya adalah orang² dewasa yang dengan penuh keikhlasan mendarmabaktikan diri dalam ladang bakti kepramukaan.

Karena itu, esensi dari kepramukaan adalah pendidikan. Esensi pendidikan adalah perubahan dari baik menjadi lebih baik, dari terampil menjadi lebih terampil, dari satu keadaan kepada keadaan lain yang lebih baik.

Kekhasan pendidikan kepramukaan terletak pada metodenya yang dinamis dan holistik. Dimana tujuan pendidikan dikemas di alam terbuka, dengan suasana belajar yang menarik dan menantang, melakukan langsung apa yang dipelajari, belajar bersama dalam kelompok, menghargai usaha menuju keberhasilan belajar, menghormati kodrati putera dan puteri, berpegang teguh pada nilai² yang menjadi norma, didukung orang dewasa yang mampu membingkai proses belajar dengan penuh makna.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. I came across this wonderful site a couple days back, they produce splendid content for readers. The site owner knows how to provide value to fans. I’m pleased and hope they continue creating excellent material.