Cegah Stunting, TP-PKK Papua Tengah dan PERSAGI Sasar Kader Posyandu

Cegah Stunting, TP-PKK Papua Tengah dan PERSAGI Sasar Kader Posyandu, Sabtu (03/2/2024). – Bumiofi/Sumber Humas Pemprov Papua Tengah.

Nabire, Bumiofinavandu –   Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Papua Tengah dan DPC PERSAGI Nabire sasar kader-kader Posyandu di Kabupaten Nabire untuk mencegah stunting ditengah-tengah masyarakat.

Pencegahan stunting itu dilakukan dengan melakukan penyuluhan dan lomba cipta menu MP-ASI kaya protein berbasis pangan lokal yang melibatkan 30 kader Posyandu dari Puskesmas Kimi dan Puskesmas Sanoba, Nabire Sabtu (03/02/2024).

Bacaan Lainnya

Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Papua Tengah, Yosina Anwar Damanik mengatakan kegiatan cegah stunting ini dilakukan, masih dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional ke-64. Kegiatan ini juga  mendukung tema nasional perayaan hari gizi nasional, yaitu “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”.

“Kegiatan ini dilaksanakan dua hari, hari pertama kami lakukan penyuluhan kepada siswi SMP Negeri 7 Nabire dan SMP Pengharapan dengan mengusung tema Cegah Stunting dengan Remaja Sehat Bebas Anemia. Dihari kedua kami sasar kader-kader Posyandu dengan tema MP-ASI Berkualitas untuk generasi emas,” katanya.

Yosina Damanik membeberkan selain memberikan pengetahuan tentang MP-ASI yang berkualitas, acara hari ini juga akan melaksanakan lomba sebagai stimulan bagi peserta untuk benar-benar memahami makna MP-ASI kaya protein berbasis pangan lokal .

“Agenda penanganan stunting merupakan salah satu program prioritas nasional yang juga menjadi perhatian pemerintah Provinsi Papua Tengah. TP-PKK provinsi, kabupaten, dan distrik menjadi mitra kerja pemerintah yang berperan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pola makan seimbang dan gizi yang cukup,” pungkasnya.

Ia berpesan kepada kader Posyandu, sebagai ujung tombak Puskesmas ditengah-tengah masyarakat, kader posyandu adalah agen-agen perubahan. Sehingga diharapkan agar lebih aktif mentransfer ilmu-ilmu penting yang diperoleh kepada keluarga setempat.

“Keluarga merupakan lingkungan pertama dalam kehidupan bermasyarakat dan merupakan penentu tercapainya tujuan kita hari ini. Mari jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk bersama-sama berkomitmen mencapai gizi seimbang bagi generasi penerus bangsa. Ini adalah upaya kita untuk menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas, dan produktif,” tuturnya.

Yosina Damanik tak lupa mengucapkan terima kasih kepada DPC PERSAGI  Nabire yang telah menjadi kerjasama dengan TP-PKK hingga terselenggaranya acara ini. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung dan hadir dalam acara ini.

“Marilah kita bergerak maju dengan semangat untuk mencapai gizi seimbang bagi generasi penerus bangsa. Semoga acara hari ini memberikan manfaat yang besar bagi kita semua,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HGN ke 64, Mulyanti, S.GzM.Gizi mengatakan pentingnya penyuluhan bagi kader-kader Posyandu, yang merupakan ujung tombak khususnya bagi ibu-ibu hamil dan melahirkan. Dengan harapan para kader Posyandu memiliki pengetahuan yang lebih luas untuk mencegah stuntin.

“Ada 30 kader Posyandu yang terlibat, harapan kami mereka akan berbagi pengetahuan untuk para kader posyandu dan masyarakat,” jelasnya.

Dalam perlombaan  cipta menu MP-ASI kaya protein  berpasis pangan lokal, yang menjadi pemenang pertama Tim 1 Posyandu Arunai, kedua tim 7 Posyandu Bingga dan ketiga Tim 2 Posyandu Nila.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

36 Komentar

  1. Lots of people use their lotteries to improve money for
    important initiatives that improve education, public infrastructure and
    social services. Once the lottery will be performed by you, you’re assisting to fund these programs while you fund your own ambitions of winning it big.
    Have a great time and all the best!