Pemprov Papua Tengah berikan bantuan alat pertanian dan tempat berdagang

Pemprov Papua Tengah berikan bantuan alat pertanian dan tempat berdagang, Jumat (02/2/2024). – Bumiofi/Sumber Humas Pemprov Papua Tengah.

Nabire, Bumiofinavandu   Pemprov Papua Tengah melalui Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, memberikan bantuan alat pertanian dan boks kontainer bagi pedagang mama-mama Papua. Hal itu dilakukan guna menekan angka inflasi di daerah ini.

Kegiatan pemberdayaan dan bantuan pendampingan kepada kelompok Orang Asli Papua (OAP) ini merupakan program Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (Admindukcapil, PMK). Adapun bantuan yang diserahkan kepada masyarakat yakni 2 unit mesin Grinder dan Sangrai Kopi, mesin giling dan pipil jagung dan 80 unit boks kontainer untuk pedagang mama-mama Papua Tengah, Jumat (02/02/2024) siang.

Bacaan Lainnya

Dr. Ribka Haluk, MM mengatakan melihat kondisi masyarakat di Papua Tengah saat ini tentunya perlu adanya perhatian serius dari pemerintah. Pemberdayaan menjadi hal yang krusial untuk segera dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Dinas Admindukcapil, PMK hingga seluruh dinas teknis, saya harapkan untuk terus mendorong program peningkatan kesejahteraan OAP, melalui kegiatan identifikasi wirausaha pemula dan pelatihan bisnis bagi masyarakat kampung serta pelatihan menggunakan teknologi tepat guna,” kata Haluk.

Selain itu Ribka Haluk menginginkan agar masyarakat bisa mendapat bantuan peralatan mesin usaha, dengan harapan para pelaku usaha dapat menambah kemampuan dan mengembangkan usaha yang ditekuninya.

“Dengan daerah yang baru dimekarkan, kita harus terus membangun dan mensejahterakan masyarakat yang ada di Papua Tengah. Langkah strategis yang diambil harus sesuai dengan karakteristik masyarakat dan kearifan lokal di 8 kabupaten,” imbuh Haluk.

Ia menegaskan pemberdayaan masyarakat juga bertujuan untuk mengendalikan inflasi di daerah, karena dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, maka masyarakat dapat menjangkau harga barang di pasar, bahkan keluarga dapat secara mandiri mengakses kebutuhan bahan pokok dengan lebih luas, akibatnya tidak terjadi kelangkaan bahan pokok di masyarakat.

“Saya berharap melalui bantuan peralatan pertanian, mesin dan boks kontainer jualan, bisa berdampak pada meningkatnya penghasilan masyarakat, dengan begitu setiap orang tua dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menyekolahkan anak-anaknya,” tegasnya.

Ribka Haluk ajak Masyarakat Untuk Hidup Produktif

Ribka Haluk berharap kepada seluruh masyarakat di Provinsi Papua Tengah untuk bekerja keras dan menekuni apa yang selama ini menjadi pekerjaan sehari-hari. Ia juga akan memerintahkan seluruh jajarannya untuk mendukung setiap usaha yang dimiliki masyarakat.

“Sumber Daya Alam kita sangat mumpuni, kita bisa memiliki lumbung pertanian sendiri. Kita tidak boleh membiarkan lahan kita tidur, mari kita garap, agar kita tidak lagi mengharapkan sumber bahan pokok dari luar Papua Tengah,” harapannya.

Ia menjelaskan ketika menjelang Natal, ketika mengecek harga cabai di pasar, saat itu harga cabai melambung tinggi. Hal itu terjadi lantaran cabai yang dijual di pasar berasal dari Pulau Jawa.

“Sebenarnya ini tidak boleh terjadi. Kita punya lahan yang luas, mari kita garap, agar kita tidak ketergantungan bahan pokok sehari-hari dari Pulau Jawa. Ayo kita buat gerakan bersama dari sektor pertanian, mulai dari menanam sayur-sayuran dipekarangan rumah. Uang itu tidak boleh lagi keluar, harus berputar di daerah, sehingga inflasi bisa ditekan,” jelas Haluk.

Selain itu, Ribka Haluk juga ingin komoditi unggulan dari sektor pertanian dari Papua Tengah, seperti kopi Moanemani dan Kopi Paniai agar kembali hidupkan. Ia sedikit mempertanyakan minimnya keberadaan kopi Moanemani di Papua Tengah.

“Saya heran, ketika kita menyajikan kopi untuk tamu dari luar, yang disajikan kopi dari luar. Padahal kita punya kopi unggulan yang namanya sudah besar yaitu kopi Moanemani. Nah ini ada apa, saya ingin kita terus meningkatkan komoditi unggulan kita, sehingga dengan begitu hadirnya provinsi baru ini, benar-benar dirasakan masyarakat dengan meningkatnya kesejahteraan mereka,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

248 Komentar

  1. Normally I do not read article on blogs however I would like to say that this writeup very forced me to try and do so Your writing style has been amazed me Thanks quite great post

  2. This is a nice blog as well. Your webpage loads quite quickly. Which hosting service are you using? I would like your affiliate link. My webpage should load just as rapidly.

  3. I wonder how much work goes into creating a website this excellent and educational. I’ve read a few really good things here, and it’s definitely worth saving for future visits.

  4. Hi, i read your blog from time to time and i own a similar one and i
    was just wondering if you get a lot of spam responses?
    If so how do you stop it, any plugin or anything you can recommend?
    I get so much lately it’s driving me crazy so any help is very much appreciated.

    Look at my web site; vpn special code