Bupati Se-Papua Tengah diminta Gotong Royong selesaikan kemiskinan Ekstrim

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, Rabu (13/12/2023).– Bumiofinavandu/Roy Purba.

Nabire, Bumiofinavandu –   Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, meminta kepada seluruh Bupati Se-Provinsi Papua Tengah untuk bergotong royong menyelesaikan kemiskinan ekstrim. Ia berharap tahun 2024 masyarakat miskin ekstrem yang berjumlah 71.388 jiwa di Provinsi Papua Tengah bisa dituntaskan.

“Saya minta kepada para Bupati di 8 Kabupaten di Provinsi Papua Tengah untuk kita bersama-sama bergotong royong untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim. Dan saya tidak ingin lagi mendengar ada masyarakat yang tidak terlayani oleh pemerintah daerah,” ungkap Ribka Haluk pada saat menyalurkan bantuan senilai Rp 31.654.950.000 kepada Rp 11.107 masyarakat ekstrem, Rabu (13/12/2023) pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Ia sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat menghimbau kepada para Bupati untuk tidak ragu dalam mengintervensi program dan kegiatan kerja di Tahun 2024 mendatang untuk berfokus dalam pengentasan kemiskinan ekstrem di daerah mereka masing-masing.

“Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan dan saya minta tolong kepada Bupati agar benar-benar melayani masyarakat. Saya tidak ingin kita melayani pimpinan saja atau melayani diri sendiri. Jangan sampai kebalikannya, justru kita dilayani oleh masyarakat,” pungkasnya.

“Ingat pangkat  dan jabatan yang melekat kepada kita dan fasilitas yang kita miliki harus digunakan untuk melayani masyarakat. Presiden sering menyampaikan bahwa kita tidak boleh hanya bekerja di kantor saja, melainkan memperbanyak turun dan melihat langsung kondisi masyarakat. Kita harus tahu kondisi Kesehatan rakyat kita, kita harus tau situasi inflasi yang dihadapi masyarakat, kita harus tau masyarakat kita makan atau kelaparan termasuk kita harus tau bagaimana kondisi pelayanan pendidikan anak-anak kita,” tegasnya.

Ribka Haluk menuturkan Provinsi Papua Tengah saat ini baru berumur 1 tahun, tentunya belum banyak berbuat langsung kepada masyarakat, akan tetapi ia terus melakukan peningkatan pelayanan pemerintahan yang dapat dirasakan masyarakat secara langsung.

“Saat ini ada 71.388 jiwa yang menurut data Kemenko PMK RI dengan kondisi kemiskinan ekstrim, tetapi angka itu menurut saya belum real sebab masih banyak yang belum terdata, sehingga ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita bersama,” lugasnya.

Ribka Haluk menambahkan Provinsi Papua Tengah memiliki letak geografis yang sangat susah, sehingga diperlukan adanya kerja sama yang berkesinambungan dalam menuntaskan permasalahan kesenjangan sosial yang dirasakan masyarakat.

“Penduduk di Papua Tengah ini hanya berjumlah kurang lebih Rp 1,3 juta, harusnya kita bisa mengurus masyarakat dengan bekerja sama. Kedepan saya harapkan tidak boleh lagi ada yang menyalahkan pemerintah pusat, Presiden dan Mendagri, sebab kita ini adalah anak daerah yang diberikan kepercayaan untuk menjadi Gubernur maupun Bupati. Kalau masyarakat marah atau belum Sejahtera, harusnya kita malu dan menyalahkan diri kita sendiri. Tidak boleh juga kita salahkan masyarakat, karena rakyat itu tidak pernah salah,” katanya.

Ribka Haluk menuturkan negara telah memberikan kewenangan yang besar dengan kekhususan Otonomi Daerah Khusus. Sehingga kewenangan khusus ini harus dimanfaatkan dan diatur dengan sebaik-baiknya.

“Jadi siapapun diantara kita anak Papua yang diberikan tanggung jawab oleh negara dan mendapat mandat dari rakyat harus bekerja keras. Kalau hanya untuk berkuasa dan memikirkan diri sendiri, lebih baik tidak usah menjadi pemimpin. Sehingga pada kesempatan ini saya mengajak seluruh Bupati dan pimpinan OPD untuk memikirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

366 Komentar

  1. You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

  2. Wow amazing blog layout How long have you been blogging for you made blogging look easy The overall look of your web site is magnificent as well as the content

  3. What i do not realize is in fact how you are no longer actually much more wellfavored than you might be right now Youre very intelligent You recognize thus considerably in relation to this topic made me in my view believe it from numerous numerous angles Its like men and women are not fascinated until it is one thing to do with Lady gaga Your own stuffs excellent All the time handle it up

  4. I’m really impressed ѡith yοur writing skills and ɑlso
    with the layout ⲟn your blog. Iѕ this ɑ paid
    theme or dіd you customize іt yourѕeⅼf? Eitһеr
    way keep up tһе excellent quality writing, іt’ѕ
    rare to seе а nice blog ⅼike this one nowadays.

    Review my website :: LetMeJerk

  5. Greetings, I do think your web site could possibly be having web browser compatibility
    issues. Whenever I take a look at your web site in Safari, it looks
    fine however when opening in I.E., it has some overlapping issues.
    I just wanted to provide you with a quick heads up!
    Aside from that, great blog!

    Feel free to surf to my web blog