Tim PKK Papua Tengah gelar pelatihan Kewirausahaan Ekonomi Kreatif

Tim PKK Papua Tengah gelar pelatihan Kewirausahaan Ekonomi Kreatif, Sabtu (09/12/2023). – Bumiofinavandu/Roy Purba.

Nabire, Bumiofinavandu –    Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Rakyat (TP PKK) Provinsi Papua Tengah menggelar pelatihan kewirausahaan ekonomi kreatif selama tiga hari. Pelatihan itu digelar untuk meningkatkan kualitas pengurus kader TP PKK guna menunjang kualitas pengurus dalam meningkatkan Masyarakat sehat, cerdas dan produktif.

Adapun pelatihan yang dilaksanakan yakni membatik, kuliner dan industri kreatif kerajinan tangan. Kegiatan berlangsung di dua lokasi yakni aula Gedung RRI dan Pantai Menase, Kabupaten Nabire, mulai tanggal 7-9 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Penjabat Gubernur, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM mengungkapkan pemerintah daerah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pengurus TP-PKK Papua Tengah karena telah menyelenggarakan pelatihan sebagai wujud nyata bersama untuk mempercepat tercapainya program prioritas Nasional yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pengentasan kemiskinan serta kemiskinan ekstrem 0% tahun 2024, percepatan penurunan stunting 14% tahun 2024 dan pengendalian inflasi daerah secara khusus.

“Saya berharap pelatihan ini tidak hanya menjadi ajang peningkatan keterampilan saja, tetapi juga menjadi  peluang untuk menggali dan mengasah bakat serta ide-ide kreatif yang bermuara pada tercapainya 4 program prioritas nasional yakni pengentasan kemiskinan, percepatan penurunan stunting dan juga membuka lapangan kerja khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP),” ungkap Ribka Haluk pada saat pembukaan yang dibacakan Asisten daerah Bidang Umum, Elisabeth Cenawatin.

Ia berharap, bagi setiap peserta pelatihan untuk kemudian menjadi agen pemberdayaan daerahnya masing-masing dan dapat menerapkan hasil pelatihan guna pemberdayaan masyarakat. Apalagi peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri beberapa lembaga yang ada di Kabupaten Nabire.

“Harapan kita bersama, hasil dari pelatihan ini bisa berdampak bagi Masyarakat luas di provinsi ini, khususnya di bidang peningkatan ekonomi Masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, PJ Ketua TP PKK Provinsi Papua Tengah, Yosina Anwar Damanik, ST. menyampaikan apresiasi dan bangga serta ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan anggota TP PKK Provinsi Papua Tengah yang sudah mengikuti kegiatan ini dengan antusias sehingga berjalannya program ini.

“Karena setelah mengikuti pelatihan, direncanakan akan ada pendamping berkelanjutan guna mensukseskan program goal dari 4 program prioritas Nasional seperti arahan dari Ibu PJ Gubernur Papua Tengah. Selain itu juga harapan delegasi dari setiap kabupaten yang mengikuti giat ini juga, diharapkan sepulangnya dari mengikuti rangkaian kegiatan ini dapat menjadi agen di kabupaten masing-masing serta dapat memberikan ilmu dan pengalamannya kepada Masyarakat,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Senin (11/12/2023)

Yosina Anwar menegaskan TP PKK bukan hanya sekedar Organisasi Wanita tetapi adalah mitra strategis pemerintah yang harus terlibat aktif dalam mendukung program prioritas pemerintah secara aktif dan berjenjang.

“Selain itu, Tim Penggerak PKK harus mampu mengambil momentum untuk berkontribusi secara nyata melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK sebagaimana amanat pada peraturan presiden nomor 99 Tahun 2017 tentang 7 gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga yang diterapkan mulai tanggal 1 November 2017,” pungkasnya.

kita,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. I?¦m not positive the place you’re getting your information, however great topic. I needs to spend a while learning much more or working out more. Thank you for fantastic info I used to be in search of this info for my mission.