Ribka Haluk; Infrastruktur di Bandara merupakan kebutuhan wajib

Tanda tangani prasasti dan peletakan batu pertama Bandar udara Nabire, Ribka Haluk; Pembangunan infrastruktur di Bandar merupakan kebutuhan wajib, Rabu (11/10/2023). – Bumiofinavandu/Roy Purba.

Nabire, Bumiofinavandu –   Penjabat Gubernur Papua Tengah, Doktor Ribka Haluk melakukan penandatanganan batu prasasti gedung VIP room Bandara Udara Nabire baru di Kampun Bumi Mulia, Distrik Wanggar. Penandatangan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama, pada Rabu (11/10/2023) sore.

Doctor Ribka Haluk menyampaikan bahwa pada tanggal 26 September 2023 lalu, telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Pemerintah  Provinsi Papua Tengah, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dengan Kantor Staf Presiden RI terkait kesiapan peresmian Bandar Udara Nabire.

Bacaan Lainnya

“Ada beberapa kesimpulan dari hasil rapat itu, masih terdapat sarana dan prasarana bandara yang harus terpenuhi yakni aksesibilitas dan utilitas,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur di Bandar Udara Nabire baru itu, merupakan kebutuhan wajib yang harus kita kerjakan agar bandara ini dapat segera beroperasi.

“Pembangunan infrastruktur utilitas bandara yang diadakan di sekitar Bandar Udara Nabire Baru juga merupakan bagian dari program prioritas Penjabat Gubernur Papua Tengah dalam rangka melaksanakan agenda utama 12 roadmap implementasi UU No 15 tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah yang diamanatkan kepada kami daerah otonomi baru,” ungkapnya.

Dia menegaskan, masyarakat di Papua Tengah merindukan kondisi Bandar Udara yang representatif dan nyaman. Apalagi Bandar Udara megah tersebut merupakan wajah Provinsi ini, yang akan pertama dilihat oleh para tamu yang berkunjung. Sehingga wajah harus dipoles sebaik mungkin agar masyarakat dapat bangga dan merasa memiliki dengan daerah ini.

“Bandar udara ini akan menjadi pusat pertemuan, pertumbuhan ekonomi serta sumber pekerjaan bagi masyarakat kita, khususnya masyarakat orang asli  Papua. Dan merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat dalam rangka percepatan distribusi pemerataan pembangunan di daerah-daerah terdalam dan terluar,” tergas Haluk.

Pemprov Papua Tengah Genjot Pembangunan Fasilitas Bandara

Ribka Haluk menuturkan bahwa selain penandatanganan prasasti dan peletakan batu pertama pembangunan vip room, Pemprov Papua Tengah juga akan melaunching beberapa kegiatan yang menjadi fasilitas penunjang bandara.

“Bukan hanya pembangunan vip room bandara yang saat ini berlangsung, melainkan ada juga pengaspalan jalan akses ke bandara, pemasangan lampu jalan sekitar bandara, land clearing area perpanjangan runway bandara sekitar 1 KM dan pembangunan jalan akses dari daerah Kalibobo ke bandara,” tuturnya.

Sehingga Ribka Haluk berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam Pembangunan, agar dapat melakukan semua kegiatan sebaik-baiknya dan mengutamakan mutu Pembangunan.

“Mengingat waktu yang tersisa efektif tiga bulan lagi, maka diharapkan kepada semua pihak terkait agar dapat melaksanakan seluruh kegiatan pembangunan ini dengan sangat serius sehingga dapat selesai sesuai dengan waktu yang  direncanakan, serta harus memberdayakan para tenaga kerja orang asli papua di semua lini       pekerjaan ini, dan memperhatikan kepatuhan,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Bumiofinavandu.com”, caranya klik link https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Jangan lupa install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. I like the valuable info you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and check again here regularly.

    I’m quite certain I will learn a lot of new stuff right here!
    Good luck for the next!

    Feel free to surf to my homepage: