Kepala Suku Besar Meepago, Provinsi Papua Tengah dilantik

Kepala Suku Besar Meepago, Provinsi Papua Tengah dilantik, Selasa (29/08/2023) siang. – Bumiofinavandu/Dok.

Nabire, Bumiofinavandu – Kepala Suku Besar Meepago, Provinsi Papua Tengah, Melkianus Keiya dilantik. Pelantikan berlangsung di Aula GKI Tabernakel Oyehe, pada Selasa (29/08/2023) siang.

Acara pelantikan tersebut dipandu Idah Tebai, diawali dengan doa pembukaan dipimpin oleh  Pdt. Muda Lukas Ayomi dari  yang gereja Persekutuan Doa Tubuh Kristus Kegata-Makataka.

Bacaan Lainnya

Pelantikan ini dihadiri Pj Gubernur, diwakili oleh Theophilus Lukas Ayomi Kepala Kesbangpol  Provinsi Papua Tengah,  Bupati Nabire, Anggota DPRD, serta para Kepala OPD dan tokoh masyarakat Suku Mee.

Atas nama Pj Gubernur Papua Tengah, Theophilus Lukas Ayomi mengapresiasi dan menyatakan bahwa pelantikan tersebut, merupakan suatu sejarah dan semangat baru bagi suku Mee, di Wilayah adat Meepago.

“Untuk hidup dalam suatu tatanan nilai kekeluargaan, guna membangun suatu komitmen hidup rukun dan damai di Wilayah adat Meepago,” ujat Ayomi.

Dia mengapresiasi langkah suku Mee yang berkumpul dan melakukan dialog guna menyamakan persepsi tentang wadah yang didirikan.

Sehingga harapannya, melalui wadah tersebut dapat menyatukan mengakomodir seluruh masyarakat Mee di wilayah ini. Yang tujuannya tidak lain adalah dalam rangka mempertahankan dan melestarikan berbagai aspek terutama sosial budaya di tengah masyarakat Papua tengah khususnya Suku Mee.

“Saya harap, dengan adanya pelantikan Kepala Suku Besar Mee ,Provinsi Papua Tengah ini, dapat menyatukan kesamaan-kesamaan dan menjauhkan perbedaan. Dan bersatu untuk memberikan sumbangsih dalam segala hal, serta berkontribusi bagi pemerintah dan masyarakat di sekitar,” imbuhnya.

Ketua Panitia pelantikan, Andreas Pakage, mengatakan tujuan dari pelantikan kepala suku tersebut sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah karena Provinsi Papua Tengah. Dimana adalah daerah ini terdapat beragam suku, bahasa dan budaya.

Pakage berharap, agar kepala Suku Mee yang adalah Pemilik Tanah Adat Wilayah Meepago harus menjaga nama dan harkat martabat sukunya.

“Maka kami siap mendukung program kerja yang akan jalankan oleh Kepala Suku Besar Papua Tengah atau Wilayah Meepago ini,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar