Wapres Ma’ruf Amin ingatkan pentingnya produk unggulan lokal

Wakil Presiden Prof. KH. Ma’ruf Amin dan ibu Hj. Wury Estu Handayani Ma'ruf Amin di damping Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono (Kanan) saat berada di Pantai Manase, Nabire, Kamis (13/07/2023). – Bumiofinavandu/EL.

Nabire, Bumiofinavandu –  Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. KH. Ma’ruf Amin saat menyapa kelompok tani yang tergabung dalam Himpunan Petani Nyata atau HIPETA di Pantai Menase Nabire, mengingatkan tiga hal penting harus dilakukan oleh petani yang bergabung dalam wadah tersebut.

Pertama, petani harus memberikan perhatian yang konsisten terhadap komoditas strategis. Kemudian harus fokus dan tingkatkan dari hulu sampai ke hilir. Tujuannya agar hasil produksi yang dihasilkan semakin meningkat, dalam menciptakan komoditi khas dan bernilai lebih sebagai produk unggulan lokal.

Bacaan Lainnya

“”Misalnya Kopi Dogiyai, Jeruk Nabire dan gaharu Nabire dan sebagainya,” ujar Wapres.

Kedua, HIPETA harus menjadi motor penggerak kolaborasi, serta kerja sama. Baik dalam akses modal, teknologi, pelatihan, pendampingan maupun akses pemasaran dan pengembangan sektor bisnis lainnya.

“Sehingga sebagai provinsi baru, Pemprov Papua Tengah perlu memberikan memberikan perhatian khusus kepada pertanian, perikanan dan peternakan sebagai sektor unggulan di Provinsi ini.

Desain pembangunan ekonomi yang terpadu, baik berbasis maritim maupun pertanian dataran tinggi dan peternakan sebagai sektor unggulan daerah ini.

Ia berharap, agar Pemerintah daerah dapat mengawal proses ekonomi terpadu dan berkesinambungan. Dengan memberi perhatian kepada benih yang baik, budi daya yang tepat serta manajemen berkelompok tani. Dan di bagian hilir perlu membangun jalur kerja sama dengan objek dan pembeli yang dapat langsung berhubungan dengan kelompok tani. Sehingga rantai produksi sampai kepada konsumen dengan tidak bertele-tele.

“Pemda dan HIPETA harus memanfaatkan teknologi digital dalam manajemen organisasi petani, budidaya maupun peningkatan akses pasar melalui pemasaran online. Akhirnya, mari sukseskan motto HIPETA yakni “Petani masa kini, Petani jaya di Negeri sendiri. Jadi Harapan saya HIPETA harus terus bermitra dengan Pemda dan pihak terkait dalam rangka mendorong masyarakat Papua Yang Berjaya di Papua. Sebab petani adalah pahlawan bangsa,” harap Wapres Ma’ruf Amin.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Thanks for your marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you may be a great author.I will be sure to bookmark your blog and will eventually come back later on. I want to encourage you to continue your great writing, have a nice evening!

  2. We’re a bunch of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your website provided us with useful info to work on. You’ve performed a formidable activity and our entire neighborhood will be thankful to you.