Rakerkesda I Dinkes PPT focus belanja masalah

Dokter Silwanus A Su8mule (Kanan), Tengah, Selasa (04/07/2023). – Bumiofinavandu/EY.

Nabire, Bumiofinavandu –  Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Provinsi Papua Tengah (PPT), menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerda) I Tahun 2023. Rakerkesda I dilaksanakan di Aula Bethesda, Kelurahan Karang Mulia sejak 4-6 Juni 2023.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) PPT, dr. Silwanus A. Sumule, menjelaskan Rakerda I dilaksanakan dalam rangka ‘belanja masalah’ kerangka penyusunan peta jalan.

Bacaan Lainnya

‘Belanja masalah’ dimaksud menurut Sumule adalah mencari dan mengumpulkan persoalan kesehatan dari masing-masing Kabupaten di Provinsi ini. Kemudian merumuskan langkah-langkah strategis terukur, terencana agar implementasinya benar-benar tepat sasaran.

“Tujuannya untuk memperbaiki dan mempercepat ketertinggalan pelayanan kesehatan kepada masyarakat perlu adanya “belanja masalah (mencari tahu). Maka setiap Kabupaten (mereka) akan menyampaikan kepada kami, apa sih permasalahan- permasalah kesehatan yang dihadapi masing-masing Kabupaten. Setelah mengumpulkan permasalahan akan bermuara pada penyusunan peta jalan kesehatan,” jelas Sumule dalam sambutanya pada cara pembukaan Rakerkesda I di aula Bethesda, Karang Mulia Nabire, Selasa (04/07/2023).  

Kata  Silwanus, Peta jalan yang akan disusun adalah sebuah solusi, sementara belum ada Rencana Strategi Kerja (Renstra) dan dokumen perencanaan lainnya.

Mengingat saat ini belum ada Renstra dan dokumen yang lain-lain, sehingga pihaknya berinisiatif untuk membuat peta jalan. Arahnya adalah memperbaiki dan memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat Papua Tengah.

“Maka Rakerkesda I pertama ini adalah langkah awal konsolidasi, nantinya masih ada dua tahap selanjutnya,” pungkas Sumule.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik-0+56 lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *