Sempat Mengungsi, ratusan warga akhirnya kembali ke rumahnya ke Nogolait

Jayapura, Bumiofinavandu –  Ratusan warga dari Kampung Nogolait yang mengungsi ke Kenyam, Ibukota Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Mereka kini telah kembali ke kampungnya di Nogolait dikawal ketat aparat keamanan )TNI/POLRI, pada jumat (02/06/2023) dipimpin Brigjen Pol Gatot Hariwibowo selaku Komandan Pasukan lll Korps Brimob Polri dan melibatkan ratusan aparat TNI.

Sedikitnya, 162 warga yang sebelumnya mengungsi ke Kenyam, pasca terjadi baku tembak antara aparat TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nogolait yang terjadi pada Senin, 29 Mei 2023 silam.

Bacaan Lainnya

Diketahui sebelumnya terdata 162 warga melakukan pengungsian akibat adanya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata beberapa hari lalu sehingga membuat ketakutan di tengah masyarakat dan memilih untuk meninggalkan rumahnya.

Kembalinya para pengungsi tersebut turut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dirinya ditemui oleh awak pers di Media Center, Sabtu (3/6).

Kabid Humas menyebutkan bahwa masyarakat yang kembali ke Komplek Nogolait diantar dan di kawal langsung oleh aparat gabungan serta Pemerintah Daerah guna memastikan keamanan warga masyarakatnya.

“Kembalinya masyarakat tersebut dipimpin oleh Brigjen Pol Gatot Hariwibowo S.I.K., M.A.P selaku Danpas III Korbrimob Polri dengan menggunakan 5 Truk dari SD Negeri 1 Kenyam Menuju Komplek Nogolait,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini juga menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada Aparat Keamanan yang dibantu Pemerintah Daerah untuk menjamin keselamatan warga masyarakat di Kampung Nogolait sehingga mau untuk kembali ke kediamannya.

Selain itu, ditempat berbeda Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panelewen menambahkan, situasi dan kondisi keamanan di Distrik Kenyam hingga kini berjalan kondusif pasca kontak tembak yang terjadi sebelumnya.

Dengan kembalinya para pengungsi, tentunya kami selaku aparat gabungan baik dari TNI maupun Polri akan lebih meningkatkan keamanan di seluruh wilayah Kabupaten Nduga guna menghindari adanya gangguan dari Kelompok berseberangan sehingga kembali membuat ketakutan di tengah masyarakat,” tegasnya.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Hey exceptional blog! Does running a blog similar to this require a lot of work?
    I have virtually no understanding of computer programming however I was
    hoping to start my own blog in the near future. Anyway, if you have any suggestions or tips for new blog owners
    please share. I understand this is off topic nevertheless I simply needed to
    ask. Thanks!