Pentahbisan Uskup Yan You Kamis nanti, Umat ikuti di live streaming

Uskup terpilih Keuskupan Jayapura, Papua, Mgr Yanuarius You. – Bumiofinavandu/Istimewa.

Nabire, Bumiofinavandu – Uskup terpilih Keuskupan Jayapura, Papua, Mgr Yanuarius rencananya akan ditahbis pada Kamis (02/02/2023) pekan ini. rencana pentahbisan akan berlangsung di Gereja Katedral Kristus Raja, Dok V Jayapura.

Informasi yang dihimpun Bumiofinavandu, Misa Pentahbisan akan dipimpin oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo selalu Nuncio Nuncio Apostolic pada pukul 09.00 WIT.

Bacaan Lainnya

Selain Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, rencananya tutur hadir sejumlah Uskup baik dari Indonesia maupun negara tetangga seperti PNG dan Timor Leste. Yaitu sebanyak 33 Uskup dari Indonesia, 10 Uskup dari PNG dan 5 Uskup dari Timor Leste. Termasuk perwakilan pemerintah Indonesia yakni seperti Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas serta Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo.

Umat Katolik dan tamu undangan yang diperkirakan mencapai 12 ribu orang, yang akan menyaksikan live streaming dari Stadion Mandala Jayapura dalam perayaan pentahbisan ini.

Hal ini terjadi gegara terbatasnya tempat pentahbisan atau Gereja Katedral yang kapasitas terbatas.

Mgr Yanuarius akan diarak menuju stadion usai pentahbisan untuk mengikuti syukuran dan pesta rakyat. Lalu dijadwalkan pada Sabtu nanti (04/03), sang Uskup akan menggelar Misa Stasioner bersama seluruh para imam di Keuskupan Jayapura di Gereja Katedral Jayapura.

Sebelumnya, Paus Fransiskus pada (29/10/2022) silam, menunjuk Pastor Yanuarius Theofilus Motopai, yang juga menjabat Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur Abepura menjadi Uskup Jayapura menggantikan Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM. Uskup Leo Laba Ladjar sudah menjabat sejak 29 Agustus 1997, sebelum memasuki masa pensiun atau emeritus.

Pentahbisan Mgr Yanuarius Matopai You, merupakan sejarah baru dalam gereja Katolik di Tanah Papua, gegera Ia merupakan uskup pertama Orang Asli Papua (OAP).

Hal tersebut merupakan jawaban dari kerinduan OAP akan hadirnya seorang Uskup pribumi sebagai pemimpin gereja katolik lokal.

Profil singkat sang Uskup You
Mgr. Yan You, berasal dari Kampung Uwebutu, Kabupaten Paniai. Dia lahir pada 1 Januari 1969 yang merupakan anak kedua dari enam bersaudara pasangan Lukas You dan Rosalina Tatogo.

Uskup Yan You menamatkan SD YPPK di sekolah dasar Santo Don Bosco, Uwebutu, lalu masuk di SMP YPPK Santo Fransiskus Asisi, Epouto, kemudian melanjutkan ke SPG Taruna Bakti, Waena. Selepas dari SPG, Ia masuk ke Sekolah Tinggi Teologi Katolik (STTK) Fajar Timur (sekarang Sekolah Tinggi Filsafat Teologi-STFT Fajar Timur).

Kemudian ditahbiskan menjadi imam pada 16 Juni 1991. Pastor muda You lantas malang melintang di beberapa paroki seperti di paroki Santa Maria Bintang Laut Kokonau (1983). Paroki Kristus Sahabat Kita Nabire (1987-1990), dan sebelumnya menamatkan Tahun Rohani di Pondok Emaus, Tateli, Manado (1986/1987), sebelum menjalani masa diakon di Paroki Kristus Sahabat Kita, Nabire (1990-1991). Juga menjadi pastor paroki Kristus Terang Dunia, Jiwika, Kurulu, Wamena hingga Tahun 1998.

Dia juga pernah melayani di Paroki Kristus Sahabat Kita di Nabire, sembari sebagai tenaga pengajar SMA Adi Luhur Nabire kurun waktu tiga Tahun. Lalu menjadi perintis asrama Taruna Karsa Nabire.

Selain itu, Mrg Yan You juga selama tujuh Tahun melayani di wilayah lain Pegunungan Tengah Papua. Lantas beralih tugas ke perbatasan Indonesia dan Papua Nugini dan menjadi Pastor Paroki Santo Willibrordus, Arso, Keerom, serta menjadi Pastor Dekan (1998-2002).

Pada 2002-2007, Ia menjadi Pastor Paroki di Katedral Kristus Raja sekaligus Vikaris Jenderal (Vikjen) di Keuskupan Jayapura.

Uskup You kemudian diangkat menjadi Ketua STFT Fajar Timur sejak 2019 silam.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 Komentar

  1. It’s perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy.

    I have read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or advice.
    Perhaps you can write next articles referring to this
    article. I wish to read more things about it!

  2. Ping-balik: tv size
  3. Ping-balik: his explanation
  4. Ping-balik: exam fm
  5. Hi, I do believe this is a great website. I
    stumbledupon it 😉 I’m going to return yet again since I
    book-marked it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to
    guide other people.