Kronologi buaya antar jasad bayi di Mahakam, Ini kata Pakar

Ilustrasi Buaya di Pixabay.com

Nabire, Bumiofinavandu –  Seorang balita yang malang, Muhammad Ziyad Wijaya, umur 4 tahun di Muara Jawa, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ditemukan meninggal dan mengambang di sungai sekitar rumahnya, pada Jumat (20/01/2023) pagi.

Bayi itu, sebelumnya dilaporkan hilang sejak dua hari sebelumnya yaitu Rabu (18/01) sore, yang diduga terjatuh ke sungai di belakang rumahnya saat bermain.

Bacaan Lainnya

Tim Basarnas setempat kemudian dikerahkan selama dua hari untuk mencari. Namun sebelum Basarnas menemukannya, tiba-tiba jasad Ziyad tiba-tiba muncul ke permukaan dan masih utuh, saat diantarkan oleh seekor buaya yang diperkirakan berukuran 3 meter.

Munculnya jasad yang diantar oleh buaya tersebut diabadikan oleh video amatir warga setempat dan dibenarkan oleh tim Basarnas.

Sebelum melepas jasad Ziyad, buaya sempat muncul dan tenggelam sebanyak tiga kali lalu melepasnya lagi lalu meninggalkan tempat itu.

Dengan meyakini bahwa jasad Ziyad mengambang di permukaan sungai dan buaya telah pergi, warga lalu mencoba mendekat guna mengevakuasi jenazah Ziyad ke atas perahu motor. Sekira, 70 meter jarak jenazah di tengah ke bibir sungai.

Kata peneliti

Peneliti satwa liar dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)Amir Ma’ruf, memberi penjelasan tentang perilaku hewan buas, bahwa buaya tersebut kemungkinan sudah sering diberi makan oleh manusia.

Kedekatan buaya di sungai dengan manusia bisa menjadi salah satu faktor ‘kebaikan’. Dan bisa saja sudah terbiasa dengan makanan tertentu dari manusia di sekitar habitatnya.

Walaupun tidak semua buaya di sungai itu berperilaku seperti kasus yang terjadi. Akan tetapi, kebiasaan dan kedekatan buaya dan manusia membuatnya menganggap manusia bukan makanan. Sehingga hal tersebut bisa saja dianggap sebagai timbal balik.[*]

*Berbagai sumber

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar