Daftar Bupati dan Wakil di Pemprov Papua Tengah hingga 2024

Peta Wilayah Provinsi Papua Tengah – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah, telah resmi dimekarkan sejak DPR RI mengetuk palu pada tanggal 30 Juni 2022. Dan kemudian disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Juli 2022 yang Ibukotanya berada di Kota Nabire.

Papua Tengah dimekarkan dari provinsi Papua bersama dua provinsi lainnya yakni Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada 30 Juni 2022 berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Sedikitnya, terdapat delapan Kabupaten pada Provinsi ini diantaranya;

1. Kabupaten Nabire.

2. Kabupaten Dogiyai.

3. Kabupaten Deiyai.

4. Kabupaten Paniai.

5. Kabupaten Intan Jaya.

6. Kabupaten Puncak.

7. Kabupaten Puncak Jaya.

8. Kabupaten Mimika.

Berikut nama-nama Bupati yang menjabat hingga Tahun 2024. Ada tiga Kepala Daerah berstatus Penjabat.

1. Kabupaten Nabire. Mesak Magai S.Sos. M.Si adalah Bupati saat ini untuk periode 2021-2026 dengan wakil Bupati dan Ismail Jamaluddin. Mesak – Ismail Jamaluddin dilantik oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia di Gedung Negara Dok V Jayapura pada Senin, 8 November 2021.

2. Kabupaten Dogiyai. Penjabat Bupati Dogiyai, Drs. Petrus Agapa, M.Si. Nabire, Petrus Agapa dilantik oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Jalan Merdeka Nabire, Kamis (29/12/2022).

3. Kabupaten Deiyai. Bupati Dogiyai saat ini dijabat oleh Ateng Edowai dan Hengky Pigai. Keduanya dilantik oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada Rabu (20/02/2019) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deiyai periode 2019-2024.

4.  Kabupaten Paniai. Meki Nawipa dan Oktopianus Gobai dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Paniai 2018-2023 oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe. Pelantikan berlangsung pada 23 November 2018 di Kantor Bupati Paniai, di Enarotali.

5.  Kabupaten Intan Jaya. Apolos Bagau, menjabat sebagai penjabat Kabupaten Intan Jaya. Ia dilantik oleh penjabat Gubernur Provinsi Papua Tengah, Ribka Haluk pada Kamis (29/12/2022).

6.  Kabupaten Puncak. Willem Wandik dan wakilnya Repinus Telenggen, menjabat dari 24 September 2018 – 24 September 2023.

7. Kabupaten Puncak Jaya. H. Tumiran dilantik oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Jalan Merdeka Nabire, Kamis (29/12/2022).

8. Kabupaten Mimika. Johannes Rettob menjabat sebagai Penjabat Bupati Mimika.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar

  1. I’m impressed, I must say. Rarely do I come across a blog that’s both equally educative and engaging, and let me tell you,
    you have hit the nail on the head. The issue is something which too
    few men and women are speaking intelligently about.
    Now i’m very happy that I stumbled across
    this in my hunt for something concerning this.

  2. Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit
    and sources back to your website? My blog site is in the exact
    same area of interest as yours and my visitors would really benefit from some
    of the information you provide here. Please let me know
    if this okay with you. Thank you!

  3. We stumbled over here different web address and thought I may as well check
    things out. I like what I see so now i’m following you.
    Look forward to exploring your web page repeatedly.