Kapolda Papua; tidak ada penyerangan di Mako Brimob, itu hanya riak-riak biasa

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., didampingi Pj. Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, dan Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Sri Widodo, S.IP., M.Si., ketika memberikan keterangan kepada wartawan di Nabire, Kamis (12/01/2023).  – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menegaskan bahwa tidak ada penyerangan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja Jayapura. Namun Irjen Mathius Fakhiri mengakui jika ada insiden, walaupun kelihatannya seolah-olah ada penyerangan padahal tidak.

“Tidak ada penyerangan di Mako Brimob,” tegas Kapolda kepada wartawan di Nabire terkait insiden di Mako Brimob geraga penangkapan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK pada Selasa (10/01) kemarin.

Bacaan Lainnya

Insiden tersebut menurut Irjen Fakhiri, adalah bentuk kasih sayang dan perhatian dari masyarakat Papua terhadap sosok pemimpinnya, yang sudah dianggap sebagai orang tua dan saudaranya yang kebetulan menjadi Gubernur.

Sehingga bagi TNI dan Polri, cara menangani persoalan terhadap orang Papua tidak harus dilakukan dengan emosional. Tetapi dihadapi dengan sabar penuh ketegasan, karena ketegasan berbeda dengan kekerasan.

“Dan pelaku pelemparan sudah diamankan dan diambil keterangan. Saya sudah minta agar kalau sudah selesai karena bapak LE sudah di Jakarta dan ditangani oleh KPK maka Papua harus kondusif dan kembali beraktivitas seperti biasa. Jadi tidak ada masalah, kami dari aparat TNI Polri di Papua sudah paham mana yang menyerang petugas dan mana yang tidak,” tuturnya.

Kapolda bilang bahwa satudua Tahun ke depan Polda harus memperkuat Polres-polres di wilayah DOB yang ada. Sehingga dengan hadirnya anggota Polri dapat memberikan rasa aman dan nyaman, agar pemerintah dapat bekerja dan membangun infrastruktur dan menjalankan pemerintahan  sebagaimana mestinya.

“Maka tugas LO atau perwira penghubung dari Polda adalah membantu Pj Gubernur sebagai perpanjangan tangan dari Kapolda,” ungkapnya.

Jika ada masyarakat yang memberikan tanahnya untuk pembangunan Polda, maka Kata Kapolda, dia sendiri akan turun untuk mengecek. Sehingga tidak terjadi persoalan di kemudian hari.  

“Kalau ada masyarakat yang mau kasih tanah untuk Pembangunan Polda, nanti saya datang sendiri cek,” kata Irjen Fakhiri.

Sambungnya, situasi kamtibmas di wilayah hukum (wilkum) Polda Papua sangat kondusif, aman dan terkendali berkat kerjasama dari semua pihak, walaupun ada kejadian di penghujung Tahun.

Kendati demikian, Kapolda mengakui bahwa di wilkum Polda Papua lainnya seperti di pegunungan ada kejadian dan riak-riak Yahukimo, Pegunungan Bintang dan lainnya. Namun di Papua Tengah masih aman walaupun di Jayapura da sedikit riak-riak.

“Namun nuansa yang bagus di awal Tahun 2023 ini bisa dijaga oleh semua pihak termasuk di Papua Tengah dan ini menjadi contoh agar bagaimana DOB lain di Papua agar bisa menjaga stabilitas daerahnya. Sehingga pembangunan bisa jalan dan menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat,” sambung Kapolda.

Dia mengajak seluruh masyarakat di Tanah Papua, agar selalu menjaga kedamaian dan menciptakan suasana harmonis dan nyaman antara satu dan lainnya. Sebagaimana oleh hamba-hamba Tuhan dapat menghadirkan damai sejahtera dan kasih Natal yang dari Kristus dan menyatakan Tanah Papua sebagai Tanah Damai.

“Di awal Tahun mulai kita bekerja ada Natal bersama di Nabire. Ini merupakan safari Natal di wilayah Hukum Polda Papua, kita buat Natal di Nabire. Semoga pikiran dan masukan saya bisa memberikan kontribusi bagi Pemprov Papua Tengah yang baru saja terbentuk,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Komentar

  1. My partner and I stumbled over here coming from a
    different website and thought I might check things
    out. I like what I see so now i’m following
    you. Look forward to looking over your web page repeatedly.

  2. Today, I went to the beachfront with my children. I found a sea shell and gave it to
    my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed.

    There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go
    back! LoL I know this is entirely off topic but I had to tell someone!

  3. I am sorting out relevant information about gate io recently, and I saw your article, and your creative ideas are of great help to me. However, I have doubts about some creative issues, can you answer them for me? I will continue to pay attention to your reply. Thanks.

  4. I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was wondering what
    all is needed to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost
    a pretty penny? I’m not very internet savvy so I’m not
    100% sure. Any suggestions or advice would be greatly appreciated.
    Cheers

  5. Excellent blog! Do you have any tips for aspiring writers?

    I’m hoping to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.
    Would you suggest starting with a free platform like WordPress or go for
    a paid option? There are so many choices out there that I’m totally confused ..
    Any suggestions? Appreciate it!