Suku Mee Rayon SIMAPITOWA gelar Natal dan lepas sambut 2022-2023

Pastor Hubertus Magai, Pr, ketika memberikan pesan-pesan Natal, Rabu (11/01/2023). – Bumiofinavandu/Titus Ruban.

Nabire, Bumiofinavandu –   Keluarga Besar Suku Mee Rayon SIMAPITOWA (Siriwo, Mapiha, Piyaiye, Topo dan WanggarK di Nabire, Papua Tengah menggelar Natal dan lepas sambut 2022-2023.

Natal SIMAPITOWA Nabire berlangsung di Aula Bethesda, Jalan Surojo Tanojo Kelurahan Karang Mulia Distrik Nabire, pada Rabu (11/01/2023).

Bacaan Lainnya

Ibadah Natal dikemas bernuansa Oikumene dari denominasi gereja. Dan dihadiri oleh Bupati Nabire, Mesak Magai, beberapa kepala Dinas dan pejabat di lingkungan Pemprov Papua Tengah dan Kabupaten Nabire, serta ratusan masyarakat dari Suku Mee Rayon SIMAPITOWA, termasuk beberapa Ketua kerukunan seperti Ketua Ikemal Nabire, Edward A. Berhitu, Ketua Kerukunan Biak Sostenes Rumbewas, Ketua Kerukunan KKSS Amirullah Hasyim, Ketua Kerukunan Toraja Agus Rimba dan lainnya.

Tema yang diusung dalam ibadah Natal ini, sesuai dengan tema Nasional yakni “Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain ” yang diambil dari Injil Matius pasal 2 ayat 12”. Sedangkan sub tema adalah “Melalui Perayaan Natal Keluarga besar SIMAPITOWA kita dituntut untuk senantiasa bijaksana dalam berpikir, dalam kehidupan dan Pelayanan secara pribadi, keluarga dan masyarakat” yang diangkat dari Kitab Mazmur pasal 119 ayat 66.

Perayaan Natal Oikumene diawali dengan laporan ketua panitia. Dilanjutkan dengan puji-pujian dari dedonimasi gereja seperti umat GKII, umat Katolik, umat GKIP dan ibu-ibu Mapiha. Kemudian penyalaan lilin oleh beberapa perwakilan tokoh pemuda dan tokoh masyarakat SIMAPITOWA.

Usai penyalaan lilin Natal, Pastor Hubertus Magai, Pr memberikan pesan-pesan Natal, kemudian doa syukur dibawakan oleh Pendeta Yafet Iyai, S.Th, M.Th.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan 14 Kepala Suku di wilayah SIMAPITOWA oleh Kepala Suku Mee Rayon SIMAPITOWA. Dan berlanjut dengan sambutan-sambutan.

Pastor Hubertus Magai, Pr dalam pesan-pesannya, membacakan Injil Matius, Bab 2, ayat 1-12. Pastor Hubertus Magai, kemudian melanjutkan dengan khotbahnya. Katanya, maksud Allah menghadirkan umatNya di bumi pada umumnya dan secara khusus di tanah SIMAPITOWA adalah baik. Yakni misi penyelamatan dan membawah terang dan suka cita dalam kehidupan, kebersamaan dan terutama di dalam keluarga.

“Kalau Allah tidak punya maksud tertentu maka kita tidak ada dan tidak diciptakan,” kata Partor Magai.

Pastor Magai mengisahkan suka duka, tantangan dan cobaan dari perjalanan tiga raya orang majus dari timur, yang hendak menemui dan menyembah Yesus di kandang Betlehem. Akan tetapi ketiga Raja ini tidak menghiraukan tantangan itu, tetapi mereka focus dengan tujuan agar sampai dam menemui raja baru yakni Yesus.

“Sebab ada niat jahat dari Herodes saat itu untuk membunuh Yesus,” kisahnya.

Pastor Magai lalu menggambarkan kehidupan saat ini bahwa saat bintang itu tidak ada atau redup, maka pastinya akan muncul hal-hal tidak baik. Menurut Pastor bahwa ada dua hal yakni ketidakbaikan antara Yesus dan Herodes, yakni ingin membunuh Yesus. Kedua adalah tiga raja dari timur yang fokus dengan tujuannya, yakni pergi kepada terang dan mendapati raja penyelamat yakni Yesus.

Maka solusinya mereka pergi dan pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain. Maka Sabda Tuhan mengingatkan sebagai keluarga SIMAPITOWA bahwa ada tujuan dan maksud dari Allah.  Mewartakan dan menyampaikan terang dan fokus pada tujuan, dengan tidak membuka hati kepada kegelapan dan hal-hal yang akan merugikan diri sendiri.

“Mari kita memaknai dan hidup panggilan kita dengan senantiasa bijaksana dalam berpikir dan bertindak. Keluarga SIMAPITOHA dengan cerita baik dari nenek dan moyang kita untuk selalu berbuat kebaikan yang telah diwariskan oleh leluhur kita. Baik dalam pikiran, perkataan maupun tindakan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar

  1. Very good blog! Do you have any hints for aspiring writers?
    I’m hoping to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.
    Would you advise starting with a free platform like WordPress
    or go for a paid option? There are so many options out
    there that I’m completely confused .. Any recommendations?

    Thanks a lot!

  2. Undeniably believe that that you said. Your favourite justification appeared
    to be at the net the easiest factor to understand of. I say
    to you, I certainly get annoyed even as folks consider worries that
    they just do not know about. You managed to hit the nail upon the
    top as well as defined out the entire thing without having side-effects , other people
    could take a signal. Will probably be again to get more.
    Thank you

  3. Greetings! I know this is kinda off topic however , I’d figured I’d ask.
    Would you be interested in exchanging links or
    maybe guest authoring a blog article or vice-versa?
    My blog discusses a lot of the same subjects as yours
    and I think we could greatly benefit from each
    other. If you are interested feel free to send me an e-mail.

    I look forward to hearing from you! Awesome
    blog by the way!