304 KK di Nabire dapat Listrik gratis, Kementerian ESDM klaim lampaui target

Nabire, Bumiofinavandu –
Sebanyak 304 Kepala Keluarga (KK) di Nabire, Papua Tengah, mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis. Bantuan tersebut diberikan Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dari Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

BPBL di Papua Tengah tersebut melebihi target sebesar 6%, karena sebelumnya hanya ditargetkan sebanyak 285 penerima manfaat.

Bacaan Lainnya

Wanhar, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan pada peresmian dan penyalaan pertama program BPBL mengatakan, pemasangan program BPBL secara nasional melebihi target dari hasil optimalisasi bersama.

“Alhamdulilah sudah melampaui target dari 80.000 menjadi 80.182 secara nasional, ini hasil optimalisasi anggaran per daerah yang bervariasi hingga kita mendapatkan lebih,” ujar Wanhar di Nabire, Sabtu (10/12/2022).

Dia menjelaskan, hingga triwulan III 2022, Rasio Elektrifikasi (RE) Indonesia mencapai angka 99,60%. Dari data itu masih ada sekitar 318.470 rumah tangga yang belum berlistrik dan sebagian besar tersebar di wilayah terpencil (remote area) khususnya daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

“Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat memperoleh akses adalah malalui program BPBL. Program ini mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI,” jelas Wanhar.

Senior Specialist Manajemen Niaga PT. PLN (Persero), Ismail Deu menyatakan bahwa PLN berkomitmen penuh dalam menjalankan tugas program BPBL dari Pemerintah.

“Kami PLN bergandeng tangan, berkolaborasi menjalankan tugas mulia dari Kementerian ESDM yaitu program BPBL yang diharapkan meningkatkan perekonomian di Nabire ini,” ujar Ismail.

Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Marthen Douw menyatakan bahwa Papua sebagai lokasi paling timur di Indonesia harus terang.

“Salah satu kerinduan kami adalah Papua terang, dimana Papua terletak di paling timur tempat pertama matahari terbit, maka haruslah terang dengan listrik,” ujar Marthen.

Ia juga menyatakan agar pemerintah lebih serius memperhatikan infrastruktur kelistrikan di Papua.

“Kami memohon pihak-pihak terkait agar dapat serius terhadap hal ini (kelistrikan), agar Nabire dapat merasakan penerangan. Yang paling penting adalah anak-anak bisa belajar agar Sumber Daya Manusia lebih baik dan dapat bersaing dengan negara lain,” ucap Marthen.

Bupati Nabire, Mesak Magai mengungkapkan, ia bersama pemerintah daerah selalu mengusahakan memenuhi kebutuhan infrastruktur di Nabire.

“Kondisi kabupaten Nabire semua akses harus dipenuhi, baik infrastruktur, listrik. Terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Pusat dan PLN atas listrik, dulu lampu di Nabire seperti lampu disko, mati nyala, hanya nyala sekitar 12 jam,” ujar Mesak.

Dalam acara ini dilakukan pula seremoni penyalaan pertama kepada 2 rumah penerima manfaat di Kelurahan Kalibobo, Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Rumah pertama yang dilakukan seremoni adalah Ibu Verosina (44) yang sehari-hari bekerja sebagai penjual sayur. Ia bersyukur atas program bantuan listrik yang ia terima.

Hal serupa jg dinyatakan Ayub Msen (38) pemilik rumah kedua yang juga dilakukan seremoni penyalaan listrik. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh kasar ini menyatakan selama 10 tahun ia menyalur listrik dari rumah kakaknya.

“Terima kasih pemerintah dan PLN. Kedepan saya berharap anak-anak bisa belajar dengan tenang karena ada lampu sendiri,” ujar Ayub.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Komentar

  1. Please let me know if you’re looking for a article writer for your blog.
    You have some really great articles and I feel I would
    be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write some articles for your blog
    in exchange for a link back to mine. Please send me an email if interested.
    Thank you!

  2. Ping-balik: app entwicklung