Kapolres Nabire; Bully tidak boleh ada di Sekolah

Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya SIK, SH. – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  Anak-anak di Sekolah tidak boleh dan tidak harus saling membully satu sama lain. Sehingga melalui program Polisi Pi Ajar, Polres Nabire dari Satuan Bimbingan Masyarakat atau Sat Binmas gencar melaksanakan sosialisasi dari dampak pembulian. Saat ini, sudah dua Sekolah yang didatangi Sat Binmas dan melakukan sosialisasi yakni SMP N I Nabire dan SMP Kristen Anak Panah Nabire.

Di SMP N I Nabire, Sat Binmas mensosialisasikan tentang dampak pembulian atau perundungan terhadap hubungan sosial peserta didik. Sedangkan di SMP Kristen Anak Panah, materi yang disampaikan adalah ‘Stop’ bullying di Sekolah, Dampak dan bahaya Bullying atau Perundungan di Sekolah serta pasal-pasal yang disangkakan bagi pelaku Bullying.

Bacaan Lainnya

Materi di dua Sekolah ini disampaikan oleh Kaur Mintu Sat Binmas Polres Nabire Aipda Sumantri.

Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya, SIK, SH, mengatakan bahwa sosialisasi dari Sat Binmas dilaksanakan pada Minggu pertama dan terakhir bulan Oktober lalu.

“Kegiatan ini sedang dan akan masih terus berjalan. Nanti akan dilaksanakan oleh satuan binmas,” ujar Kapolres I Ketut melalui selulernya pada Rabu (09/11/2022) malam.

Jika seorang anak di sekolah sedang membully temannya, maka menurut Kapolres, seharusnya guru memanggil anak dan orang tua yang bersangkutan (si pembully). Lalu guru memberikan pemahaman sebab bully termasuk dalam kategori pembulian. Sebab jika guru membiarkan maka akan terjadi hal lain yakni gangguan psikologis anak yang di bully.

”Misalnya bila terjadi bapa anak yang membully, bagaimana perasaannya dan orang tuanya. Apakah menerima atau tidak?,” tuturnya.

Untuk itu, Sat BinmasPolres Nabire akan selalusiapuntyuk memberikanpenyuluhandi sekolah-sekolah terhadap dampak dari pembullyan.

Kapolres juga menyarankan agar pihak sekolah bisa menyurati Polres CQ Sat Binmas.

“Sebab tidak pembullyan itu tidak diperbolehkan, dampaknya akan meluas,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Telegram. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/wartabumiofinabirepapuatengah lalu join. Atau dapatkan juga di medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Tiktok) dengan nama akun Warta Bumiofi.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Ping-balik: WEDDING