Warga Sima minta Asrama untuk anak-anak sekolah

Suasana pertemuan Masyarakat Kampung Sima di Balai Kampung, guma membahas tentang usulan program kerja, Kamis (13/10/2022). – Bumiofinavandu.

Sima, Bumiofinavandu – Warga Kampung Sima, Distrik Yaur, Nabire Papua meminta pembangunan asrama di Nabire. Asrama ini diperuntukkan bagi anak-anak sekolah yang sedang dan akan mengeyam pendidikan di tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

“Kami minta Asrama untuk anak-anak yang sedang dan akan melanjutkan pendidikan ke Kota,” ujar Yan Wayawiyuta di Sima, Kamis (13/10/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Yayawiyuta, banyak anak-anak dari Sima yang saat ini melanjutkan pendidikan setamat dari SD di Kampung. Namun belum ada tempat atau rumah untuk menampung mereka di sana (Kota).

Anak-anak yang Sekolah saat ini tinggal di keluarga. Ada juga yang pulang pergi dari Kampung (Sima) ke Kota dengan menempuh puluhan kilometer.

“Sekarang anak-anak tinggal di keluarga (kalau ada), tapi lebih parah lagi ada anak yang tinggal di Kampung (Sima) dan sekolah di Kota. Tiap hari harus pulang balik,” tuturnya.

Untuk itu, Dia meminta kepada aparat Kampung, parah tokoh Suku (Kepala Suku) serta anggota DPRD Nabire asal Kampung Sima, untuk meminta dan melanjutkan permintaan ini kepada Pemerintah Daerah untuk membangun asrama bagi anak sekolah.

“Kita ada punya anggota dewan, ada suku, ada aparat Kampung, ada yang kepala Dinas. Jadi Kami (warga) minta tolong perhatikan usulan kami,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Suku Yerisiam Robertino, menambahkan agar ada program Kampung yang mengakomodir anak yang sedang putus sekolah. Sebab saat ini di Kampung, ada warga yang putus sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA.

“Aparat Kampung harus programkan agar mereka yang putus sekolah bisa dapat ijasah mslalui paket. Sekarang ada paket A, B dan C,” tambah Hanebora.

Robertini mengaku terkait asrama, petinggi Suku akan mengupayakan lahan untuk pembangun asrama.

“Suku akan bantu cari lahan. Tinggal bagaimana aparat Kampung untuk merespon usulan warga. Kita harus berusaha untuk anak-anak harus sekolah dan mengenyam pendidikan yang layak,” pungkasnya.[*]

Dapatkan update berita dari Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Grup Telegram BumiofiNavandu.com. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/bumiofinavandu kemudian join.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Ping-balik: naga356