Banjir lagi, Kali Bumi mengamuk (1)

Luapan banjir di jembatan Kali Bumi Topo, Distrik Uwapa, Rabu (28/09/2022). – Bumiofinavandu/Ist.

Nabire, Bumiofinavandu –  Hujan deras yang disertai banjir sejak Rabu (28/09/2022) dini hari mengakibatkan sejumlah kejadian di wilayah Nabire, Papua Tengah.

Di wilayah Distrik Uwapa, amukan banjir yang meluap dari Kali Bumi (Kali, sebutan lokal untuk sungai) telah memenuhi jembatan. sejumlah rumah dilaporkan terendam banjir semenjak pagi hari. Kabarnya, ini kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Puluhan rumah penduduk tak luput dari rendaman banjir setinggi atap rumah.

Bacaan Lainnya

Musibah ini di Kampung Topo Jaya, Distrik Uwapa. Warga terpaksa menyelamatkan diri dengan menjauhi rumah dari air bah itu pagi kemarin. Warga hanya menyelamatkan diri tanpa isi rumah akibat air bah itu.

Rumah pendududk di Topo yang terendam Banjir, Rabu (28/09/2022). – Bumiofinavandu/Ist.

Kejadian lain adalah satu buah jembatan yang dikabarkan ambruk di wilayah Timur Nabire yakni Distrik Makimi. Jembatan ini masih dalam tahap dikerjakan namun harus terputus akibat amukan banjir. Kejadian ini berada di jalan Trans Nabire-Waropen.

Sementara di jalan Trans Nasional Nabire-Dogiyai, banjir dan longsong pun terjadi di beberapa titik jalan dari Distrik Siriwo menuju ke arah Kabupaten Dogiyai.

Peringatan BMKG Nabire

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Nabire, telah mengeluarkan peringatan dini. Dari analisa BMKG, kejadian hujan dengan intensitas sangat lebat yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Nabire pada Rabu 28 September 2022.

Dari analisis sementara, kejadian cuaca ekstrim mengakibatkan banjir akibat hujan dengan intensitas lebat di wilayah Distrik Uwapa 3 dan Kalibumi SP 2.

Kronologis akibat hujan dengan intensitas lebat pada pukul 18.00 – 06.00 WIT mengakibatkan terjadi luapan di Kali Bumi. Beberapa ruas jalan dan jembatan tergenang air di wilayah itu.

Jembatan yang putus di jalan Trans Nabire-Waropen, Rabu (28/09/2022). – Bumiofinavandu/Ist.

Curah hujan yang tercatat di BMKG Nabire sampai jam 00 UTC (09.00 WIT) Tanggal 28 September 2022 sebesar 110.8 mm dengan kategori hujan sangat lebat. Analisis cuaca sementara berdasarkan data model analisis, kondisi suhu muka laut di wilayah perairan Teluk Cendrawasih yang cukup hangat berkisar 27 s/d 31 °C, dan anomali SST bernilai +1.0 s/d +3.0 °C. sehingga terdapat potensi penguapan (penambahan massa uap air) di sekitar wilayah Teluk Cenderawasih.

Dari data citra satelit menunjukkan pertumbuhan awan-awan konvektif di wilayah Nabire meningkat pada pukul 05.00 WIT, Kondisi kelembaban udara signifikan pada lapisan permukaan hingga 850 – 700 mb berkisar antara 80% s.d 90%.

Kemudian angin lapisan 3000 feet terdapat adanya shearline (belokan) massa udara yang bergerak dari arah Timur hingga Tenggara dari wilayah Papua Nugini bergerak ke wilayah Papua bagian utara melewati di atas wilayah Papua bagian tengah termasuk wilayah Nabire, sehingga adanya potensi pertumbuhan awan-awan konvektif. Dan kondisi labilitas udara Wilayah Nabire berada pada kategori labil.

Sebelum kejadian, BMKG Nabire sudah dua kali menyampaikan peringatan dini. Informasi disebarkan melalui grup sosial media baik whatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter yang berisikan para stakeholder yang terkait pada tanggal 27 September 2022 pukul 20.39 WIT & 23.50 WIT -Peringatan Dini ini telah diterima oleh BPBD Kabupaten Nabire, dan Stakeholder lainnya.

BMKG juga merekomendasikan himbauan kepada masyarakat agar tetap tenang. Namun terus waspada dengan memonitor perkembangan informasi dan Peringatan Dini cuaca melalui berbagai kanal. Diantaranya; Media Sosial Fanpage Facebook : @stamet.nabire Instagram: @stamet.nabire Twitter : @stametnabire – Aplikasi mobile phone INFO BMKG yang dapat diinstal melalui Play Store atau Apple Store.

Dan jika hujan terus berlangsung dengan intensitas sedang hingga lebat, masyarakat dihimbau untuk menjauh dari tubuh air (misal sungai, pantai, dan waduk) dan dari lereng rawan longsor. Apabila terdapat angin kencang dan petir masyarakat dimohon berlindung di tempat yang aman dan kokoh.[*]

Dapatkan update berita dari Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Grup Telegram BumiofiNavandu.com. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/bumiofinavandu kemudian join. Atau dapatkan juga di Facebook lalu Klik Halaman Bumiofinavandu

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Its like you learn my thoughts! You seem to understand a lot approximately this, like
    you wrote the book in it or something. I feel that you just could do with
    some percent to power the message house a bit, however instead of that, that
    is fantastic blog. A great read. I will certainly be back.

  2. I’m really enjoying the design and layout of your site.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much
    more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire
    out a designer to create your theme? Excellent work!

  3. We are a gaggle of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your web site offered us with helpful info to work on. You’ve done an impressive job and our entire neighborhood will probably
    be thankful to you.