Kantor BPMK Nabire digeruduk puluhan aparat Kampung

Nabire, Bumiofinavandu – Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Nabire yang terletak di Jalan Merdeka, Distrik Nabire Papua, digeruduk (didatangi tiba-tiba) puluhan aparat Kampung dan panitia pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) pada Senin (29/08/2022) siang.

Kedatangan puluhan orang itu untuk mempertanyakan kepada BPMK Nabire tentang kepastian dilaksanakannya pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) serentak di daerah ini. Pasalnya, rencana pemilihan Kakam sejak Tahun 2021 silam hingga saat ini tak kunjung digelar.

Bacaan Lainnya

Mereka juga mempertanyakan dana Kampung sebesar Rp 15 juta rupiah yang dipangkas untuk pemilihan Kakam. Serta bagaimana pilkam digelar jika ada Kampung yang tidak memiliki biaya.

Plt. BPMK Nabire Pelimon Madai kemudian menemui para aparat dan panitia Pilkam. Madai memastikan bahwa rencana Pilkam pasti akan segera di gelar pada September mendatang.

Dia meminta mendukung panitia pelaksanaan Pilkam agar prosesnya berjalan dengan aman dan lancar.

“Saya harap seluruh aparat dan masyarakat di masing-masing Kampung untuk mendukung panitia dalam melaksanakan tugasnya,” kata Madai.

Dia menjelaskan, persoalan dipungutnya uang sebesar Rp 15 juta dikarenakan tidak ada anggaran yang disediakan Pemkab Nabire untuk menggelar Pilkam. Pihaknya terpaksa harus membebankan biaya kepada Kampung melalui dana Kampung, demi kepentingan bersama.

Kemudian jika tidak ada anggaran atau belum dicairkan maka yang ditanyakan adalah Kakamnya.

“Sehingga jangan sampai disalahartikan bahwa BPMK melakukan pungli. Tidak ada niat untuk memangkas anggaran Kampung namun ini demi kepebersamaan agar pemilihan segera dilaksanakan,” jelasnya.

Menurut informasi yang dihimpun, Rancana pemilihan Kakam serentak di Kabupaten Nabire akan digelar para Tanggal 20 September mendatang. Saat ini, seluruh persiapan dan tahapan pelaksanaan sedang dilakukan oleh panitia pemilihan Kakam.

Sementara terkait jadwal pelaksanaan dan seluruh tahapan sedang diproses oleh panitia. Kemungkinan, tanggal pelaksanaan pada 20 September mendatang.

Menariknya, dari 72 Kampung yang tersebar di Kabupaten Nabire, hanya Kampung Sima yang tidak termasuk dalam daftar pemilih Kakam Tahun 2022. Pasalnya, Kampung ini telah menggelar pemilihan Kakam telah dilaksanakan pada Minggu (12/05) lalu. Sehingga Kepala Kampung terpilih hanya tinggal menunggu pelantikan setelah Pilkam serentak digelar.(*)

Ikuti kami di Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Grup Telegram BumiofiNavandu.com. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/bumiofinavandu kemudian join. Atau dapatkan juga di Facebook lalu Klik Halaman Bumiofinavandu.com

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.