Masyarakat Pesisir dan Kepulauan di Nabire butuh transportasi Laut

Nabire, Bumiofinavandu – Legislator Papua, Jhon NR Gobai mengungkapkan, masyarakat pesisir dan kepulauan di Kabupaten Nabire membutuhkan pelayanan transportasi laut.

Kata Dia, hal itu terungkap dalam pertemuan dan diskusi dengan beberapa staf di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Nabire (15/08) lalu.

Bacaan Lainnya

“Diskusi ini saya lakukan untuk mendengarkan keterangan teknis dari Dishub dan pelabuhan-pelabuhan kapal perintis,” ujar Gobai pada Kamis (208/2022).

Menurutnya, usulan tambahan transportasi untuk wilayah Papua sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut di Jakarta beberapa waktu sebelumnya.

Menurut keterangan staf Dishub, bahwa pelabuhan sangat penting dalam upaya pelayanan. Misalnya di Disstrik Teluk Umar, Distrik Moora, Distrik Napan serta Distrik Wapoga.

“Itu penting karena masyarakatnya masih bergantung kepada transportasi laut. Di Pulau Mambor sedang dibangun pelabuhan oleh pemeprov, sedangkan di Distrik Napan telah memiliki pelabuhan namun perlu dilakukan ditetapkan trayek yang tetap untuk layanan masyarakat di sana,” tutur Gobai.

Menurut keterangan dari staf Dishub Nabire, untuk wilayah barat sudah pernah ada tol laut yang melayani wilayah barat di Teluk Umar, Yaur dan sekitarnya. Akan tetapi sudah tidak berjalan dikarenakan tidak adanya subsidi untuk transportasi.

“Jadi mereka (warga) berharap agar pemerintah melalui Dishub dapat memberikan subsidi transportasi laut untuk masyarakat yang ada di pesisir dan pulau-pulau di Nabire,” katanya menjelaskan.

dia berharap agar usulan-usulan yang telah disampaikan, dapat direalisasikan oleh pemerintah agar pelayanan masyarakat dapat terwujud.

“Kita sangat berharap agar usulan ini diterima dan ada realisasinya,” pungkas Ketua Pokja Khusus DPR Papua ini.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.