Pengibaran Bendera Merah Putih di dalam laut pelabuhan Samabusa

Nabire, Bumiofinavandu – Pelaksanaan upacara, pengibaran Bendera Merah Putih bawah laut, sering dilaksanakan baik oleh TNI maupun komunitas penyelam. Hak ini kerap digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Sepertinya halnya di Daerah lain, untuk Kabupaten Nabire, Papua, juga dilaksanakan hal serupa, yakni pada Rabu, (17/08/2022) di Pelabuhan Laut Samabusa Distrik Teluk Kimi Nabire.

Bacaan Lainnya

Pengibaran Merah Putih laksanakan oleh komunitas Diving, super fishing, free diving dan personil 753, BAIS TNI serta TNI angkatan Laut.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Wakil Bupati l, Komandan Upacara, Mayor Infanteri Risky Imam, Perwira Upacara Lettu Laut (T) Agus Sutiyo, Ketua Panitia, Mayor Laut (Kh) Dominikus Tedju.

Sedangkan penggerek bendera adalah Sertu Nandi Agung, Riko dan Mila, Diikuti oleh para pejabat di daerah ini.

Upacara ini berjalan aman, lancar dan terkendali. didukung oleh cuaca yang bersahabat. selain itu, pada saat pelaksanaan pukul 09.00 pagi.

Pengibaran dilakukan dari dasar laut dengan kedalaman sembilan meter, ditambah delapan meter tiang bendera di atas permukaan laut.

Tak lupa, hal paling penting adalah cuaca yang harus mendukung. Grafik pasang surut air laut, air pasang mulai pukul 09.00 pagi, yang mendukung jarak pandang (fisibiliti) yang sangat bagus. Jika pelaksanaan di atas pukul 11.00 atau disaat air surut maka pandangan tidak memungkinkan.

“Jadi pas pasang-pasnagnnya air laut kami laksanakan. Puji Tuhan semua berjalan lancar,” ungkap komandan Upacara.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.