Kemenhub dan Pemprov Papua diminta pastikan Bus ex PON bisa layani masyarakat

Jayapura, Bumiofinavandu – Legislator Papua, John NR Gobai meminta Kementerian Perhubungan dan Pemprov Papua, melalui Dinas Perhubungan memastikan penggunaan Bus Ek PON untuk melayani masyarakat di Provinsi paling Timur Indonesia ini.

Sebab pasca pelaksanaan PON Papua Tahun 2022 silam, puluhan Bus bantuan Kementerian Perhubungan yang digunakan dalam perhelatan Nasional itu, hanya berparkir di Terminal Entrop Kota Jayapura.

Bacaan Lainnya

“Daripada nanti barang ini (Bus) rusak, lebih baik dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak dan masyarakat,” ungkap Gobai di Jayapura, Selasa (09/08/2022).

Menurut Gobai, Dirinya mendapatkan informasi dari Kementerian Perhubungan jika Bus tersebut hendak dihibahkan kepada Perum Damri dan stakeholder lainnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, pernah mengatakan bahwa bus ek PON akan dihibahkan kepada lembaga atau organisasi Pemerintah guna menunjang pelayanan kepada masyarakat. Termasuk Perum Damri yang diisukan akan mendapatkan jatah hibah.

“Kelanjutannya ini seperti apa kita belum tahu, termasuk Damri sampai hari ini belum ada kabar padahal ada pembicaraan ke sana dengan Dishub” tuturnya.

Gobai menjelaskan, dalam pengelolaan Barang Milik Negara atau BMN harus tertib dan akuntabel sesuai kaidah “Good Governance. Yang sesuai dengan kerangka hukum PP No.6/2006 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara atau daerah yang merupakan peraturan turunan dari UU No. 1 /2004 tentang Perbendaharaan Negara.

Sehingga perlu dilakukan penyerahan atau hibah aset secara resmi oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia kepada instansi yang ditujukan.

“Semua barang (Bus) ini masih milik Negara dalam hal ini Kemenhub. Dan kalau sudah ada pembicaraan untuk hibah segera dilakukan, agar barang ini dapat dimanfaatkan daripada nanti rusak semua karena tidak terurus,” jelasnya.

Untuk itu, Gobai meminta kepada Kemenhub Pemprov Papua agar duduk bersama mencari solusi.

Gobai juga mengharapkan Perum DAMRI mendapatkan jatah Bus guna melayani trayek Perintis yang telah direncanakan. Baik oleh Perum Damri bersama Kemenhub.

“Saya minta segera di cari solusi agar Bus ini bisa dimanfaatkan. Termasuk tara cara pengiriman Bus ke Kabupaten dan Kota yang akan mendapatkan jatah hibah,” harap Gobai.

Untuk diketahui, masyarakat di beberapa Kabupaten di Provinsi Papua sangat membutuhkan jasa transportasi darat dari Perum Damri. Misalkan Jayapura Arso, Jayapura Genyem, Jayapura Sarmi dan lainnya. Selain itu, ada juga Pengunjung Bintang, Nabire dan Paniai serta beberapa Kabupaten lainnya.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.