Dua regu Pramuka Penggalang Kwarcab Nabire akan ikut Jamnas XI

Nabire, Bumiofinavandu – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) XXVI-04 Nabire, Papua, akan memberangkatkan dua regu Pramuka dari usia Penggalang untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Jamnas XI Tahun direncanakan akan digelar sejak 14 sampai dengan 21 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya

Ancuset (Sekretaris) Kwarcab Nabire, Sefnat Karubui mengungkapkan, rencana upacara pelepasan Kontingen Cabang (Koncab) Kwarcab Nabire sedianya akan berlangsung pada Selasa (02/08/2022) dihadiri Bupati Nabire selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwarcab Nabire.

“Besok Pagi Pukul 09.00 WIT upacara pelepasan Kontingen yang akan dihadiri Kamabicab,” ungkap Ancuset Sefnat Karubui, melalui selulernya Senin petang (01/08/2022).

Menurutnya, jumlah peserta Jamnas dari Kwarcab Nabire sebanyak 16 orang terdiri dari dua regu, yakni satu regu putra dan satu regu putri masing-masing delapan orang. Dua regu ini akan didampingi oleh dua orang pembina pendamping (Bindam). Koncab akan diitambahkan juga dengan tujuh orang dari pengurus Kwarcab, sehingga total keseluruhan sebanyak 25 orang.

kata Dia, peserta Jamnas Koncab Nabire direkrut dari beberapa Kwartir Ranting (Kwaran) diantaranya Nabire, Nabire Barat, Wanggar, Teluk Kimi, Makimi serta Moora.

“Kontingen akan diberangkatkan pada Tanggal 05 Agustus dengan menggunakan KM Labobar dari pelabuhan Nabire menuju Jakarta,” tuturnya.

Di arena perkemahan nantinya, kegiatan peserta didik tidak sepadat Jamnas Tahun-Tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pelaksanaan ditengahnya dalam situasi pandemi covid-19, khususnya di DKI Jakarta, sehingga kegiatan akan difokuskan di arena perkemahan. Jenis kegiatan yang akan diikuti seperti materi satuan karya (Saka), pengembagan wawasan kebangsaan dari kementerian pertahanan. Materi pencarian dan pertolongan dari Basarnas, pengembangan kampung teknologi dan berbagai materi lainnya.

“Peserta akan masuk ke arena perkemahan di Cibubur pada 12 Agustus dan pembukaan kegiatan pada 14 Agustus. Koncab Nabire rencana balik pada 22 Agustus menuju Surabaya dan selanjutnya akan menggunakan Kapal laut dan tiba Nabire pada 30 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Karubui menjelaskan, persiapan Koncab Nabire sudah mencapai 90%, apalagi pemantapan peserta dilaksanakan selama dua bulan dengan mengacu pada tema kegiatan sesuai petunjuk dari panitia pelaksana. peserta didik, dibekali dengan kegiatan meeting zoom tentang bagaimana kegiatan nantinya dilaksanakan. Sedangkan pembiayaan, Kontingan mendapat support dan dukungan penuh dari Pemkab Nabire.

“Nabire sangat siap untuk ikut kegiatan apalagi dukungan dari Pemkab, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Nabire. Karena adik-adik akan dituntun mengikuti kegiatan hingga kembali ke Nabire, dengan harapan bisa berbagi apa yang diperoleh di sana untuk teman di Gudepnya masing-masing,” pungkas Karubui.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.