BPBD Nabire ingatkan warga tetap waspada terhadap cuaca

Banjir di Kelurahan Kalibobo beberapa waktu lalu – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nabire mengingatkan di daerah ini agar tetap waspada terhadap cuaca dan curah hujan. Masyarakat diminta untuk selalu mengantisipasi kondisi ini, apalagi sering kali turun hujan di sore hari dalam beberapa hari terakhir.

Plt. Kepala BPBD Nabire Imanuel Money mengatakan, sejumlah wilayah rawan bencana banjir. Perlu kewaspadaan dari warga sekitar terutama di daerah yang sering kali dilanda banjir.

Bacaan Lainnya

“Cuaca sejak awal juli sering turun hujan, kita harus waspada terutama di daerah rawan bencana,” ujar Money, Rabu (27/07/2022).

Menurut Dia, beberapa daerah yang rawan bencana banjir seperti di Kampung Sima, Kampung Yaur, Wanggar, Bumi Wonorejo, Karang Tumaritis Kimi, Kali Korowa (Samabusa) dan Lagari Distrik Makimi.

Selain itu, di daerah perkotaan misalnya Kelurahan Oyehe (Depan terminal) hingga tugu cenderawasih juga sering kali banjir. Hal ini, buruknya saluran air yang tersumbat dengan sampah.

“Jadi intinya masyarakat di sekitar daerah rawan banjir ini waspada dan didalam kota ini harus rajin membersihkan lingkungannya. Pemerintah tidak tinggal diam namun akan berupaya sesuai dengan kemampuan untuk mengatasi, tentunya bertahap,” tuturnya.

Lanjutnya, pemerintah tentunya memiliki keterbatasan tapi bukan berarti diam. Money mengaku akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan pimpinan daerah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dini.

“Ini memang butuh kerja sama dari seluruh perangkat terkait,” ungkap Money.

Terpisah, Forecaster (Prakirawan) BMKG Nabire, Eusebio Andronikos Sampe mengakui jika sering turun hujan semenjak awal, pertengahan hingga jelang akhir Juli di Kota Nabire dan sekitarnya.

“Memang sering turun hujan terutama pada sore hingga malam hari, Tetapi itu dikategori sebagai hujan sedang hingga lebat,” ungkap Eusebio.

Euseboi ikut menghimbang kepada masyarakat agar tetap waspada saat beraktifitas, baik di luar rumah maupun ruangan. Selain itu, selalu mengupdate informasi cuaca dari kantor BMKG Nabire berupa update prakiraan cuaca harian, update prakiraan cuaca berbasis dampak, update info cuaca, update peringatan dini (warning).

“Saya himbau kita tetap waspada dan selalu mengupdate prakiraan cuaca sebelum beraktifitas,” ungkapnya.(*)

Dapatkan update berita dari Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Grup Telegram BumiofiNavandu.com. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/bumiofinavandu kemudian join. Atau dapatkan juga di Facebook lalu Klik Halaman Bumiofinavandu.com
PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.