Guna meningkatkan PAD Nabire, ini yang akan dilakukan Kepala Bapenda

Kepala Badan Bapenda Nabire, Yusuf Pirade di ruang kerjanya, Rabu (20/07/2022.  – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nabire, Yusuf Pirade mengatakan bahwa program utama di masa kepemimpinannya adalah berupaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Program utama saya adalah bagaimana cara agar PAD di Nabire terus mengingkat. Tentunya yang sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya pada Rabu (20/07/2022).

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, untuk mencapai sasaran dalam peningkatan PAD, tidak terlepas dari kerjasama dan kolaborasi seluruh elemen yang ada baik pemerintah maupun wajib pajak.

“Semua harus berkolaborasi secara komprehensif dan baik guna mencapai sasaran agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai,” jelas Pirade.

Sehingga ada dua faktor utama yang akan dilakukan, pertama faktor internal dan kedua eksternal. Faktor internal adalah perbaikan sistem manajemen di dalam Bapenda sendiri, yaitu struktur organisasi pegawai termasuk pendelegasian tugas dan wewenangnya masing-masing.

Selain itu karakter dan mindset (pola pikir) pegawai perlu digiring ke arah yang sebenarnya.

“Untuk internal adalah memahami tupoksi masing-masing dengan baik. Artinya bahwa orientasinya harus menuju pada sasaran yang ingin dicapai, melakukan kewajiban terlebih dahulu barulah menerima hak,” terangnya.

Sedangkan untuk faktor eksternal lanjut Pirade, akan dilakukan pendataan terhadap objek pajak di daerah ini. serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama wajib pajak tentang pentingnya membayar pajaknya. Termasuk menggali potensi pajak dari wajib pajak, terutama yang belum dikelola untuk ditingkatkan.

“Jadi seluruh potensi yang ada dan belum dikelola akan ditelusuri, termasuk tunggakan-tunggakan pajak yang selama ini menunggak. Dan semua ini tidak terlepas dari dukungan seluruh elemen yang ada,”pungkasnya.(*)

Dapatkan update berita dari Bumiofinavandu.com dengan bergabung di Grup Telegram BumiofiNavandu.com. Caranya muda, Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di Android/Ponsel lalu klik https://t.me/bumiofinavandu kemudian join. Atau dapatkan juga di Facebook lalu Klik Halaman Bumiofinavandu.com

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.