Tanggapan salah seorang ASN terkait surat edaran Bupati Nabire Nomor; 800/2941/SET

  • Whatsapp
Surat edaran Bupati Nabire, Nomor; 800/2941/SET. – Bumiofinavandu/Dok Pemkab Nabire.

Caption ; Surat edaran Bupati Nabire, Nomor; 800/2941/SET. – Bumiofinavandu/Dok Pemkab Nabire.

Nabire, Bumiofinavandu –  Bupati Kabupaten Nabire, Papua, telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pimpinan perangkat daerah. Edaran yang tertanggal 29 Desember 2021 lalu dengan Nomor; 800/2941/SET, tentang jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah Kabupaten Nabire Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Bunyinya sebagai berikut;

Memperhatikan surat edaran Bupati Nabire Nomor; 003/2712/SET tanggal 7 Desember  2021, tentang hari libur resmi resmi dan cuti bersama dalam rangka perayaan hari Natal 25 Desember 2021 dam memasuki Tahun baru 2022, maka bersama ini disampaikan jam kerja ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nabire sebagai berikut;

1. Apel gabungan awal Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Senin, 3 Januari 2022, jam 08.00 WIT, bertempat di lapangan apel Kantor Bupati Nabire.

2. Kepala Distrik dan jajarannya wajib melaksanakan apel gabungan awal Tahun 2022, jam 08.00 WIT di Ibu Kota Distrik.

3. Terhitung mulai tanggal 3 Januari 2022, jam kerja ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nabire akan kembali normal seperti biasa dengan penjelasan sebagai berikut;

a. Senin sampai dengan Kamis

Masuk         : Jam 07.30 WIT

Istirahat       : Jam 12.00-13.00 WIT

Pulang        : Jam 14.30 WIT

b.            Jumat

Masuk         : Jam 07.30 WIT

Istirahat      : Jam 11.30-13.30 WIT

Pulang        : Jam 14.30 WIT

c.  Pelaksanaan Apel

Apel Pagi         : Jam 08.00 WIT

Apel Siang       : 14.30 WIT

4. Masing-masing OPD mengaktifkan kembali pelaksanaan apel pagi dan apel siang, dengan melakukan pengecekan pegawai melalui absensi manual.

Demikian surat edaran ini, untuk diketahui dan dilaksanakan.

Surat edaran tersebut, yang  ditandatangani oleh Bupati Nabire, Mesak Magai.

Menanggapi hal ini, salah seorang ASN dilingkungan pemerintahan Kabupaten Nabire yang enggan namanya disebutkan mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung apapun kebijakan pimpinan daerah. Apalagi menyangkut pelayanan terhadap masyarakat. Akan tetapi, kebijakan harus dibarengi dengan kesejahteraan ASN.

Sumber ini menyatakan siap mengikuti aturan yang dikeluarkan pimpinan daerah. Namun pertanyaannya, bagaimana jika gajinya sudah habis di awal bulan lalu menafkahi keluarga dengan apa. Karena gaji terpotong oleh kredit bank.

“ASN di Nabire sering bolos karena dua hal, terutama terkait kesejahteraan. Karena tidak ada tunjangan maka pasti ada yang bolos, dan memaksakan diri untuk mencari tambahan diluar jam kerja,” ujarnya pada selasa (04/01/2021).

Dia menjelaskan dua hal yang mendasari ASN bolos di lingkungan Pemkab Nabire;

Pertama, kesejahteraan ASN. Bahwa jika pegawai diperhatikan dengan baik, maka seluruh pegawai tentunya memiliki semangat kerja yang tinggi. Mana mungkin orang fokus kerja sementara tungku api di rumah sedang redup.

Apalagi selama 10 Tahun belakangan, Kabupaten Nabire sedang dijuluki Kabupaten perkreditan.

Kedua, pegawai tidak bisa menikmati pekerjaan yang sebenarnya di kantor. Sebab pekerjaan lebih banyak diambil alih oleh kepala kantor dan bendahara yang mengelola hampir sebagian besar tugas. Akhirnya kebanyakan pegawai bingun dan memilih lebih baik di luar kantor daripada hanya membuang-buang waktu di kantor tapi tidak ada yang dikerjakan.

“Ini yang kebanyakan dilakukan pegawai di Nabire sejak 10 Tahun terakhir,” jelasnya.

Sehingga harapannya, kedepan pimpinan daerah lebih jeli menentukan pimpinan OPD yang dapat memperhatikan dan membagi tugas sesuai fungsinya masing-masing sesuai bidangnya. Juga termasuk keuangan daerah yang kurang stabil untuk diperhatikan.

“Harapan saya kalau bisa pimpinan OPD yang ditunjuk nanti harus yang benar-benar bisa merangkul dan membangun tugas sesuai tupoksi. Selain itu, kesejahteraan pegawai perlu diperhatikan,” harapnya.(*)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.