Prokes di perketat, Misa Natal berlangsung khidmat di gereja KSK Nabire

  • Whatsapp
Suasana Misa malam Natal sesi Kedua di gereja KSK Nabire, Jumat (24/12/2021). – Bumiofinavandu.

“Cinta Kasih Kristus yang menggerakkan Persaudaraan”

Nabire, Bumiofinavandu – Misa perayaan malam Natal Tahun 2021 berlangsung khidmat dan lancar, di Gereja Kristus Sahabat Kita (KSK) Nabire, Papua. Ibadah berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dari pemantauan Bumiofinavandu, umat datang ke gereja mengenakan masker dan menjaga jarak fisik saat menjalani misa dan paroki ini membagi ibadah dalam dua sesi guna mencegah kerumunan sesuai arahan dari pihak gereja, Paroki KSK Nabire. Jumat (24/12/2021).

Sesi pertama, ibadah dimulai pada pukul 16.30 (waktu Papua/WP), dipimpin oleh Romo Yohanes Sudriyanto, SJ dan Romo Dismas Tololo, SJ. Sedangkan misa kedua dimulai pada pukul 19.00 WP dipimpin oleh Romo Albertus M. Roni, N, SJ.

Romo Yohanes Sudriyanto, dalam khotbahnya mengatakan, apa yang ajaib dalam peristiwa kelahiran Kristus di tengah dunia? Apa yang menjadi luar biasa dalam peristiwa inkarnasi Tuhan menjadi manusia? Kelahiran Yesus berbeda dengan manusia yang lahir dari seorang bapak dan ibu. Sementara Yesus lahir dari seorang ibu tanpa bapak, bahkan setelah melahirkan ibu Yesus tetap masih perawan. karena ibu yang melahirkan tetap perawan maka anak yang di lahirkan tetap murni dan tidak tersentuh oleh noda ketidak murnian.

Yesus dan bapak adalah satu, dan Yesus hidup dalam keabadian bersama dengan bapak. Dan tentunya, bagi manusia, kelahiran adalah awal dan kematian salah akhir. tetapi kelahiran Yesus tidak punya awal dan akhir. sebab Yesus dilahirkan bukan dalam rentan maka kelahiran Yesus tidak dari awal dan tidak ada akhir dan Kristus dilahirkan dalam keabadian.

“Kristus Tuhan dilahirkan menjadi manusia supaya kita serupa Dia dilahirkan menjadi manusia supaya manusia selalu di dalam Tuhan maka kitapun dilahirkan kembali dari roh,” ungkap Romo.

Suasana Misa malam Natal sesi pertama di gereja KSK Nabire, Jumat (24/12/2021). – Bumiofinavandu.

Sementara, dalam misa sesi kedua, Romo Albertus, mengingatkan agar umatnya tidak merayakan Natal dengan pakaian yang bagus dan indah. Namun hendaknya Natal dirayakan dengan iman kristiani. Sehingga jika menghayati tema Natal Tahun 2021 yaitu “Cinta Kasih Kristus yang menggerakkan Persaudaraan”. Maka Natal adalah manusia itu sendiri, yang di bungkuskan untuk dilahirkan kembali setiap harinya. Sehinggabiarkan Tuhan masuk kedalam jiwa setiap orang Katolik.

“Sedangkan pohon terang Natal adalah umat katolik ketika sedang menahan tangis dan kesulitan hidup. Jadi kebaikan kita adalah warna yang menghiasi hidup yang dijalani. Sehingga suasana Natal adalah persaudaraan sejati,” kata Romo Albertus.

Untuk itu, kedua Romo berpesan kepada umat Katolik KSK Nabire untuk memaknai tema Natal Tahun 2021, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat Merayakan Natal, 25 Desember 2021 dan selamat menyongsongTahun Baru 01 Januari 2022.(*)

[Temukan update berita setiap hari dari https://bumiofinavandu.com dengan bergabung di Grup Telegram “Bumiofinabandu”. caranya klik link https://t.me/Bumiofinavandu  kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Artikel berita juga bisa anda juga bisa mendapatkan melalui akses di Grup Facebook Bumiofi, Grup Facebook HJN dan Halaman Facebook Bumiofinavandu.com.]

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.