Edward Berhitu; Orang Maluku di Nabire harus saling jaga

  • Whatsapp
Berhitu Edward

Nabire, Bumiofinavandu – Ketua Ikatan Masyarakat Maluku (Ikemal) Nabire, Papua, Edward Berhitu menegaskan, terbentuknya suatu ikatan adalah karena ingin dilindungi dan ingin ingin menjaga satu sama lain.

Sehingga Berhitu meminta agar warganya di Nabire harus saling menjaga satu sama lain dan saling melindungi, dalam hal positif.

Bacaan Lainnya

“Tujuan ikatan itu untuk saling menjaga satu sama lain,” tegas Berhitu dalam sambutannya usai dilantik di aula Maranata Malompo, Sabtu (27/11/2021).

Dia menjelaskan, orang Maluku merantau karena berbagai kepentingan. Mulai dari pekabaran injil, pengajar hingga upaya untuk memperoleh hidup yang lebih baik.

“Sehingga khusus orang Maluku di Nabire, apapun agamanya maka wajib menjaga nama baik para pendahulu dan menjaga toleransi dengan agama apapun,” jelasnya.

Dia menuturkan, Ikemal Nabire terdiri dari keluarga-keluarga orang Maluku yang tergabung dalam berbagai kerukunan. Kerukunan tersebut berbasis wilayah, agama hingga berbasis organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Berhitu menuturkan, kerukunan berbasis wilayah atau suku yakni kerukunan wilayah masyarakat Kei, kerukunan keluarga Seram, Kerukunan keluarga Tanimbar, Kerukunan keluarga Maluku Barat Daya (Kalwedo) kerukunan Keluarga Alang, Kerukunan Keluarga Tuhaha, Kerukunan Keluarga Banda, kerukunan Keluarga Aru dan lainnya.

Sedangkan ada dua berbasis agama yakni persekutuan Mohabbat Shalom (Maluku tengah beragama Kristen) dan kerukunan Ambon Muslim.

“Kemudian ada juga berbasis usia yakni IKatan Pemuda Maluku Bersatu (IPMB) dan berbasis ormas yakni Maluku Satu Rasa (MIR),” tutur Berhitu.

Sehingga, Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku di Nabire untuk menjunjung tinggi semboyan ‘ale rasa beta rasa, potong di kuku rasa di daging’, perlu dipelihara dengan baik di Tanah perantauan.

Maka bahu membahu dan tolong menolong adalah ciri khas orang Maluku. Orang Maluku harus menunjukan bahwa persatuannya sangat erat.

“Karena dengan bersatu, maka kita akan dihargai. Kami akan terus berupaya untuk mempererat hubungan persaudaraan antar orang Maluku di Nabire,” pungkasnya.(*)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.