Enam WNA China tertangkap di Wapoga, pintu masuk dari Nabire

  • Whatsapp
Enam WNA yang hendak di bawah ke Kodim Yawa. – Bumiofinavandu/Dok.

Waropen, Bumiofinavandu – Enam orang warga Negara asing (WNA) China diamankan personil TNI AD Kodim 1709 Serui, Papua. Enam orang itu diamankan anggota pos Koramil Inggerus, Kabupaten Waropen, dalam dua hari yakni 18 dan 19 November 2021.

Dari Kampung Iwo Sewa, Dandim 1709/Yawa melalui Komandan pos Inggerus dan Wapoga, Sersan Mayor (Serma) Dedi, mengatakan bahwa enam WNA tersebut masuk ke Wapoga melalui Kabupaten Nabire. Mereka (WNA) tersebut menggunakan perahu motor tempel, yang diantar oleh warga masyarakat dari Nabire, menuju Distrik Wapoga Kabupaten Waropen.

Bacaan Lainnya

Kata Serma Dedi, ketika mendengar kabar tersebut pihaknya langsung bergerak. Dengan jumlah personil sebanyak enam orang kemudian mencari tahu keberadaannya.

“Saat kami dengan kabar itu langsung bergerak mencari tahu dimana WNA itu,” kata Serma Dedi.

Menurutnya, masuknya WNA tersebut ke Wapoga secara diam-diam dengan tujuan Kepala Air Wapoga. Mereka (WNA) tidak melapor di Pos Inggerus.

“Tujuan mereka ke sana untuk menambang atau mendulang emas,” tutur Serma Dedi.

Lanjutnya, dari penangkapan tersebut, keenam WNA tidak dapat menunjukan dokumen imigrasi. Seperti surat izin masuk warga negara asing (visa), paspor, surat izin penambangan. Alasannya dokumen ketinggalan di Nabire.

Selanjutnya, sesuai petunjuk dan perintah pimpinan, maka WNA tersebut akan dibawah ke Kodim 1709/Yapen Waropen (Nyawa) di Serui, guna pemeriksaan dokumen dan tujuannya.

“Mereka (WAN) akan dibawah ke Waropen untuk pemerils dan lebih lanjut. Itu sesuai arahan dari Pak Dandim,” pungkasnya.(*)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.