Kota di Papua ini sering dikepung Banjir

Banjir di salah satu ruas jalan di Kota Nabire, Kamis (11/11/2021).

Nabire, Bumiofinavandu  Kota Nabire, Papua, kini berlangganan banjir beberapa Tahun terakhir. Jika pada September 2021 lalu banjir menerjang, kali ini banjir akibat hujan kembali menghantam hampir seluruh Kota Nabire hampir lima jam,dari sekitar pukul 13.00-18.00 pada Kamis (11/11/2021).

Beberapa ruas jalan, saluran air atau got (drainase) digenangi air. Terlihat sampah dan kotoran di bawah arus yang cukup deras dan warga Kota itu lalu waspada dan tidak keluar rumah.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan analisis sementara kejadian cuaca ekstrim di Wilayah Kabupaten Nabire per Kamis (11/11/2021), hujan deras disertai petir yang mengguyur lima lam tersebut mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa titik.

Sementara curah hujan di Stasiun Meteorologi Moanamani Nabire sd jam 12 UTC (21:00 WIT) sebesar 101.6 mm Kategori sangat lebat dan Curah hujan di Stasiun Geofisika  Nabire sd jam 12 UTC (21:00 WIT) sebesar 52 mm Kategori lebat.

Selain itu, kondisi suhu muka laut yang hangat dan Anomali SST bernilai +1.0 s/d +3.0 °C sehingga terdapat potensi penguapan (penambahan massa uap air) di sekitar wilayah Teluk Cendrawasih. Kondisi kelembaban udara signifikan pada lapisan permukaan hingga 500 mb berkisar antara 80% s.d 90%. Dari Analisis Peta Sinoptik Streamline atau Angin Lapisan 3000 ft Adanya massa udara bergerak dari arah timur hingga selatan  bergerak menuju wilayah Papua bagian barat melewati di atas wilayah Papua bagian tengah termasuk nabire dan adanya pola daerah pusat tekanan rendah yang menyebabkan  konvergensi dan Belokan angin di atas wilayah Nabire sehingga adanya potensi pertumbuhan awan-awan konvektif. MJO Berada Pada Kuadran III, kurang berkontribusi terhadap proses pembentukkan awan hujan di Indonesia. Dan dari citra satelit terdapat pertumbuhan awan konvektif di wilayah Nabire. Kondisi Labilitas Udara Wilayah Nabire  berada pada kategori labil.

“Masyarakat dihimbau untuk agar tetap tenang, namun terus waspada dengan memonitor perkembangan informasi dan Peringatan Dini cuaca melalui berbagai kanal seperti sosial media; FB : #stasiun meteorologi nabire, Instagram: @stamet.nabire

– Aplikasi.mobile phone INFO BMKG yg dpt diinstal dari Play Store atau Apple Store,” Ungkap Forecaster On Duty Stasiun Meteorologi Nabire, Yunus Yulvan Sior Gedy,S.Tr, dalam rilis resmi di grup WhatsApp Info Publik BMKG Nabire.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.