Pemilihan Ketua OSIS SMP N I Nabire ala Pilkada

Suasana Pemilihan ketua OSIS di SMP N I Nabire, Jumat (05/11/2021). – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu –  SMP Negeri I Nabire, Papua, menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), pada Jumat (05/11/2021). Hal tersebut sebagai wujud dari Pendidikan Karakter, melalui terobosan-terobosan baru demi tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia terkhusus di Kabupaten Nabire.

Pemilihan OSIS kali ini berbeda dari sebelumnya. pemilihan dilakukan menyerupai Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada), yakni pembina OSIS membentuk panitia penyelenggara.

Bacaan Lainnya

Mirip persiapan Pilkada umumnya, dibentuklah tim yang disebut Panitia Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) yang terdiri dari anggota OSIS yang telah purna bakti. tugasnya adalah menyediakan seluruh kebutuhan yang diperlukan guna memperlancar jalannya pemilihan.

Mulai dari pembentukan petugas TPS, persiapan bilik suara, pengecekan serta pembagian daftar pemilih, panitia menyiapkan sebanyak 3 (TPS) masing-masing TPS tersedia 3 bilik suara yang total keseluruhan sebanyak enam buah. Setelah persiapan matang, panitia Pilkades kemudian melaksanakan tugas di TPS selama pemungutan suara berlangsung. 

Ketika pelaksanaan pemungutan suara, seluruh siswa sebagai pemilih wajib mengecek nama di daftar pemilih yang telah disiapkan panitia. Daftar nama-nama tersebut tersediah di depan TPS sebelum masuk ke bilik suara.

Untuk menghindari peserta didik atau pemilih mencoblos dua kali, panitia memberi tanda berupa tinta di jari peserta pemilih setelah keluar dari bilik suara.

Usai pencoblosan selesai, panitia melakukan perhitungan suara secara terbuka langsung di TPS. Yang disaksikan oleh masing-masing saksi dari ketiga pasangan calon. Selanjutnya kotak suara diserahkan kepada pembina OSIS.

Jumlah surat suara rusak sebanyak 14 buah, Kerusakan disebabkan karena pemilih mencoblos lebih dari 1 kali.

Usai pencoblosan, akumulasi perhitungan suara dari ketiga TPS, diperoleh jumlah suara sebagai berikut;

1. Pasangan 01 meraup 63 suara dengan Ketua; Titin Sophia Pambawa dan Wakilnya, Arkanjela Girlani Rante.

2. Pasangan 02 meraup 93 suara dengan Ketua; Natasya Putri H dan Wakilnya, Neville Auza Silambi.

3. Pasangan 03 meraup 878 suara dengan Ketua; Nathania Leony Maria Rudi dan Wakilnya, Gerin Cinta Hersada.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *