PBB di Nabire gratis, ini syaratnya

Nabire, Bumiofinavandu – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nabire, Papua, berencana akan melakukan pendaftaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara gratis. Termasuk Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunannya (BPHTB).

“Tapi syaratnya adalah sertifikat Tahun 2018 kebawah. Misalnya 2018, 2017 dan seterusnya,” ujar Kepala Bappeda Nabire, Fatmawati melalui selulernya, Selasa (19/10/2021).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan pihaknya. Maka hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Dirjen Pajak, dan hasilnya dipersilahkan dengan berpatokan pada regulasi Daerah.

Sehingga, untuk awal akan di launching di dua kelurahan yakni Girimulyo dan Bumi Wonorejo.

“Tapi tidak menutup kemungkinan bila ada masyarakat yang mau bisa datang langsung ke kantor di Jalan Pepera pada jam kerja,” jelas Fatmawati.

Untuk itu menurutnya, Kamis (21/10) mobil keliling Bappeda akan melayani dan standby selama enam hari di dua kelurahan tersebut. yaitu tiga hari di Kelurahan Girimulyo dan tiga hari di Kelurahan Bumi Wonorejo.

Selanjutnya, untuk Kelurahan lain akan menyusul kemudian dengan jadwal yang akan ditentukan nantinya.

“Jadi kami mau jemput bola kelapangan,” tutur Fatmawati.

Dia juga bilang, untuk kedepannya retribusi pasar nanti tidak disetor lagi kepada petugas, kecuali untuk harian. Namun pelaku pasar akan langsung menyetor ke Bank Papua. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kebocoran.

Pasar-pasar yang telah diberlakukan adalah pasar Oyehe dan Pasar Wanggar. Nantinya minggu depan Pasar Karang dan pasar Kalibobo. Namun ada discon 50% mengingat Tahun 2020 Dunia dilanda covid-19.

“Jadi akan mereka (pelaku pasar) akan bayar langsung ke Bank Papua atau petugas resmi dengan kendaraan keliling Bapenda. Kami juga akan memberikan 12 kali pembayaran dengan pemotongan 50%,” ungkapnya.

Fatmawati berharap, apa yang dilakukan Bappeda adalah dengan harapan bahwa masyarakat di Nabire lebih sadar lagi untuk membayar pajak.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *