Sering terjunkan Damkar bila ada Kebakaran, Kapolres Nabire; Ini soal kemanusiaan

Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya,SIK, MH. – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu – Semenjak satu dekade belakangan (2010-2020) sering terjadi kebakaran di Kabupaten Nabire, Papua. Kejadian kebakaran ini mulai dari rumah penduduk, perkantoran hingga tempat-tempat peribadatan di Daerah ini.  Sebut saja kebakaran di Ruko kompleks Pertokoan Kelurahan Oyehe, Asrama Polisi di Kelurahan Morgo, Gereja Katolik di Bumiwonorejo serta beberapa kejadian kebakaran lainnya, terbanyak adalah rumah penduduk.

Kejadian kebakaran ini, tak luput dari bantuan dan perhatian Kepolisian Resort (Polres) Nabire, yang selalu terjun langsung dan memadamkan kobaran amukan api.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Nabire I Ketut Suarnaya, di ruang kerjanya pada Jumat petang (01/10/2021) mengungkapkan, apa yang dilakukan Polres yang dipimpinnya merupakan tugas kemanusiaan.

“Kegiatan yang dilakukan adalah tugas kemanusiaan,” ungkap Kapolres I ketut Suarnaya.

Ia menjelaskan, tugas Kepolisian selain sebagai penegak hukum serta penertiban keamanan dan ketertiban masyarakat, juga bisa melaksanakan tugas kemanusiaan yang salah satunya adalah melaksanakan pemadaman kebakaran bila ada kejadian. Sehingga, segala bentuk persoalan di tengah-tengah masyarakat yang sekiranya membutuhkan bantuan Polri, tentunya akan dilakukan.

Selain itu kata Kapolres, suatu pekerjaan akan lebih cepat berhasil dilaksanakan apabila dikerjakan secara bergotong royong. Misalnya dalam membantu memadamkan kejadian kebakaran.

“Jadi misalnya ada kejadian kebakaran, kami akan turut mengambil bagian sebisa mungkin. Dan kami akan berupaya untuk terus membantu masyarakat,” jelasnya.

Namun menurut Kapolres I Ketut, beberapa armada Damkar yang dimiliki Polres Nabire sudah termakan usia. Tetapi akan selalu diupayakan untuk membantu bila mana diperlukan.

Sehingga harapan kedepannya demi kepentingan masyarakat di Kabupaten Nabire, perlu ada penambahan armada Damkar, atau bisa saja ada penambahan unit pemadam kebakaran. Hal ini agar dalam pergerakan bantuan kemanusiaan khususnya kejadian kebakaran, bisa cepat bergerak untuk mengatasi persoalan.

“Intinya Polres bukan hanya urus satu persoalan, karena banyak masalah yang harus diselesaikan terutama menyangkut Kamtibmas. Tapi untuk pemadam kebakaran kami siap membantu semampu yang dimiliki. Dengan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat bila ada kejadian,” pungkasnya.(*)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.