Stok melimpah, warga Nabire bisa dapat vaksin Moderna

  • Whatsapp
Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Nabire Tri Jiko, ketika disuntik vaksin Moderna perdana oleh vaksinator, Jumat, (10/9/2021). – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu – Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nabire, Papua, Tri Jiko mengatakan, stok vaksin Moderna di Nabire saat ini sebanyak 300 vial atau botol. Untuk satu vialnya bisa diberikan kepada 14 orang (14 kali suntikan atau dosis).

“Kita ada stok 300 botol, jadi satu botol dapat 14  dosis atau sama dengan 4.200 dosis,” ujar Tri Joko usai disuntikan vaksin Maderna oleh vaksinator di Puskesmas Karang Tumaritis Nabire. Jumat (10/09/2021).

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, vaksin Moderna dikhususkan bagi tenaga kesehatan (Nakes) dosis ke tiga. Namun karena stok vaksinnya cukup banyak sehingga bisa diberikan kepada masyarakat umum (selain nakes), sebab jumlah nakes hanya mencapai seribu lebih orang.

“masyarakat umum bisa dapat moderna, stoknya banyakdan nakes sedikit. Tapi hanya vaksin pertama dan kedua (masyarakat), kalau vaksin ke tiga khusus nakes,” jelas Tri Joko.

Sehingga lanjut Tri, pemberian vaksin moderna kepada masyarakat akan disesuaikan dengan jadwal di puskesmas yang telah dipercayakan untuk memberikan vaksinasi. Selain itu, mengingat 1 vial vaksin moderna untuk 14 orang, maka bila ada masyarakat yang ingin dipersilahkan. Namun harus menunggu sampai 14 orang baru dapat diberikan suntikan. Hal ini agar jangan sampai sisa vaksin terbuang.

“Jadi teman-teman di puskesmas sudah punya jadwal pemberian vaksin, baik pertama maupun ke dua untuk masyarakat. Tapi harus daftar dulu sampai 14 orang baru bisa diberikan, sebab 1 vial itu untuk 14 orang,” jelasnya.(*)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.