11 Club akhiri Turnamen Yerisiam Cup I Tahun 2021

  • Whatsapp
Dua pemain (Ruija FC dan Waagani KBS) saling merebut bola dalam laga final Yerisiam Cup di Kampung Sima, Rabu (25/08/2021). – Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu – Sebanyak 11 Club sepak bola ikut meramaikan turnamen Yerisiam cub I Tahun 2021 pada Rabu, (25/8/20211). Kesebelas club antara lain; Wagi City FC, Bintang Timur FC, Ruija FC, Cendrawasih A, Cendrawasih B, Yetim FC, Elang Merah FC, Wagani FC, Wagani KBS, Asuana I, Asiana II dan Blaster FC.

Turnamen yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-76 RI tersebut, berlangsung sejak (8/8) dan berakhir pada (25/0)  Agustus 2021 yang dimenangkan oleh Ruija FC.

Bacaan Lainnya

Kepala Suku Besar Yerisima Gua, Ayub Kowoi mengatakan, pertandingan berlangsung di lapangan Kampung Sima yang hanya diikuti oleh club-club sepak bola yang tersebar di Distrik Yaur, Kabupaten Nabire-Papua.

Pasalnya, jumlah peserta saat mendaftar cukup banyak namun sebagian mengundurkan diri serta panitia membatasi peserta lantaran  pandemi covid-19 untuk menghendari kerumunan.

“Ini dalam rangka HUT RI Tahun 2021, tapi kami batasi peserta yang hanya dari Distrik Yaur saja sebab situasi covid-19,” ujar Kowoi usai laga final antara Ruija FC melawan Wagani FC pada Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, turnamen sepak bola Yerisiam Cup I baru dilaksanakan sekali sekalgus Suku Yerisiam juga baru pertama kali melaksanakan event olahraga. Yang idenya muncul dari kerinduan dan kecintaan pemuda Yerisiam terhadap olehraga sepak bola.

Apalagi saat ini di Kabupaten Nabire, terdapat banyak pemain muda yang berbakat namun tidak dibarengi dengan fasilitas lapangan yang memadahi, dengan hilangnya lapangan Persinab serta kepengurusan PSSI Nabire.

“Jadi saya bilang ke anak-anak, kamau mau buat kegiatan, kami orang tua akan dukung apalagi tujuannya positif. jangan hanya karena tidak ada lapangan, kita di Kampung ini kan ada jadi bisa buat di sini saja dan peserta dari Distrik Yaur saja dulu,” tutur Kowoi.

Juru bicaraSuku Besar Yerisiam Gua, Sambena Inggeruhi menambahkan  atas prakarsa pemuda Yerisiam, pihaknya mendukung apapun kegiatan  yang hendak dilakukan oleh pemuda.

Apalagi sepak bola, merupakan olahraga favorit para pemuda bukan hanya di belahan Papua lain namun termasuk pemuda Yerisiam.

“Sepak bola  ini nimatnya sangat banyak. Apalagi Nabire ini banyak melahirkaan bibir pesepak bola hany handal seperti Riky Kayame, Yahya Sosomar dan lainnya,” ungkap Inggeruhi.

Untuk itu anggota DPDR Nabire mengharapkan kepada pemuda Yerisiam agar turnamen Yerisiam Cub, kedepannya terus dilaksanakan guna mencari bibit-bibit unggul dari Suku ini. yang nantinya bisa meneruskan jejak pendahulu seperti Riky Kayame dan Kawan-kawannya.

“Jadi kami akan dukung pemuda untuk terus melaksanakan Yerisiam Cub setiap Tahunnya. Ini memang kita batan depan andai pandemi sudah berakhir, pasti pesertanya dibuka luas untuk seluruh club di Kabupaten Nabire,” Pungkasnya.

Salah satu pemain dari Ruija FC Fanes Arfa menambahkan, ia sangat senang lantaran bisa bermain sepak bola dan ikut berlaga di turnamen Yerisiam Cub.

Menurut pencetak gol di laga final yang akhirnya dimenanggkan clubnya ini, bahwa sepak bola adalah olahraga favotirnya sejak duduk di bangku SD. Namun ia sangat menyayangkan tidak adalag pertandingan-pertandingan yang digelar di Nabire.

“Jadi saya harap, kedepan harus ada lagi pertandingan sepak bola. Dan kalau bisa Nabire harus punya kembali lapangan dan pengurus PSSI supaya mengakomodir nimat kami di sepak bola,” pungkas Arfa.(*)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.