Jayalah Panduku, 14 Agustus 2021

Bung Karno ketika melakukan pemeriksaan pasukan dalam satu kegiatan Pramuka – BumiofiNavandu/IST.

Hanya mau bilang selamat HUT Pramuka yang ke 60. Sudah, itu saja.. _*jayalah Panduku*_

Itu adalah pesan yang saya kirim ke beberapa grup WhatsApp Pramuka dan akun media sosial untuk mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke-60 Tahun 2021 ini.

Pesan saya itu sedikit lucu ditanggapi beberapa teman di luar Papua, khususnya di Daerah Jawa …

“Saya juga hanya mau bilang “IYA”

Dah itu ajah…” kata seorang teman.

“Sy baru mau ngetik dan mau bilang itu, tp keduluan”

“Satu hati..donk kak”

Saya hanya jawab begini,

“Saya bilang seperti itu karena terkadang belum sesungguhnya saya amalkan satya dharma.. makanya takut bilang banyak.

Jadinya bilang sedikit saja.”

itulah sedikit cakap kami di grup itu (Rainas’97). hehehe.

HUT Pramuka, jatuh pada Tanggal 14 Agustus. setiap Tahun pasti diperingati oleh anggota Pramuka melalui organisasi.

Saya tidak tau apakah Tahun ini (2021) diperingati atau Tahun sebelumnya (2020). sebab sudah hampir dua Tahun aktivitas masyarakat dibatasi oleh Pandemi covid-19.

Di Nabire sejak kemarin sore percakapan di grup Kwarcab Nabire sedikit ramai oleh anggota grup. Sekretaris Kwarcab dan beberapa teman mengusulkan agar tadi malam pukul 20.WIT kami laksanakan upacara ulang Sumpah Janji. kegiatan ini selalu dilakukan menjelang HUT keesokan harinya.

Tapi akhirnya batal mengingat satu dan lain hal.

Soekarno, Presiden RI pertama sekaligus sebagai Kamabinas memilih Tanggal 14 Agustus 1961 saat menyerahkan Panji Gerakan Pramuka sebagai Hari Pramuka, bunyinya;

“…Berusahalah sehebat-sehebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap Anak dan Pemuda serta Pemudi Kita, baik Mahasiswa yang ada di kota manapun yang mengembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia…”

Hari ini umur osganisasi Pramuka sudah tua, kira-kira begitu. karena sudah capai 60 Tahun. kalau manusia ini jalannya sudah bungkuk.

Tapi saya katakan “TIDAK”

Kenapa”

karena semakin tua Pramuka akan semakin Jaya dengan munculnya tunas-tunas muda. Ini harapan kami kakak kakak yang sudah tua di Pramuka. Hehehe.

Kenapa sampai Tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka? Inni ada punya cerita tersendiri yang tidak terlepas dari peras serta Bapak Ploklamator kita, yang Mulia Bung Karno.

Nanti kita akan bahas di lain waktu….

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso bilang begini, Gerakan Pramuka bukan organisasi pemuda sebagaimana organisasi pemuda pada umumnya.

Akan tetapi, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan, para peserta didik mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, sampai Pandega, bukan hanya merupakan objek namun sekaligus subjek pendidikan.

“Gerakan Pramuka bukan organisasi pemuda melainkan organisasi Pendidikan yang mendidik anak dari SD hingga dewasa,” kata kak Budi Waseso melalui sambutan yang dibacakan oleh Waka Kwarnas/Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan, Prof. Dr. Jana T. Anggadiredja, Ms, Apt, saat menutup Sidparnas di Aula Sarbini, TRW, Cibubur, Jakarta, Senin (08/03/2021).

Nah, Pramuka itu ada punya golongan peserta didik. Mulai dari “Siaga”, “Penggalan”, “Penegak” dan “ Pandega, lalu orang “Dewasa.

Pramuka itu asik. Saya sendiri sudah lama tidak aktif di organisasi. Tapi setidaknya jiwa ini masih sanggup untuk menanamkan semangat Sumpah dan Janji Pramuka.

Karena Pramuka itu seperti Kata Kak Budi Waseso, bahwa “Gerakan Pramuka Bukan Organisasi Pemuda Melainkan Organisasi Pendidikan”.

Didikan Pramuka itu sangat bermanfaat, karena ilmunya tidak didapat di Sekolah atau bangkuh kuliah. Tapi, hebatnya itu akan terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Pramuka akan mengajarkan tentang banyak hal. Mencintai sesama, alam dan sebagainya.

Kembali ke cerita awal, mengaka sampai saya tidak mau atau jaarang sekali memakai kata-kata bagus atau keren untuk mengucapkan selamat HUT pramuka buat teman-teman?

Alasannya sederhanya. Saya tidak ingin mempermalukan diri sendiri mengingat Sumpah dan janji Pramuka jarang sekali saya amalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Ini sama dengan kelaluan saya yang jarang sekali ke gereja.

Sederhanyanya begini; Ke gereja tapi apa yang dikatakan Pastor dan perintah Tuhan tidak pernah saya lakukan. Jadi saya akan lebih banyak diam!.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga ada punya pesan untuk Pramuka di Indonesia.

Beliau bilang bahwa “Pramuka Indonesia dapat menjadi pelopor kedisplinan dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19,”,,,,,,,,,,, [Peringatan Hari Pramuka Ke-60 dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/8/2021)].

Akhirnya, Saya ucapkan selamat HUT Pramuka ke-60 Tahun 2021.

Mari kita amalkan dan jadikan sumpah janji Pramuka sebagai patokan dalam hidup di tengah Masyarakat.

#Salam Pandu

#Jayalah Panduku

Titus Ruban

Nabire, 14 Agustus 2021.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Ping-balik: spin238
  2. Ping-balik: sig p320 carry