Syarat pendonor darah di masa pandemi, harus bebas dari covid-19

  • Whatsapp
Dokter patologi klinik di laboratorium RSUD Nabire, Dokter Lanti Setiawati dalam satu kegiatan donor darah di Nabire – BumiofiNavandu.

Nabire, BumiofiNavandu – Dokter patologi klinik di laboratorium RSUD Nabire, Dokter Lanti Setiawati mengatakan, permintaan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire masih meningkat yakni berkisar 200-300 kantong perbulannya. Akan tetapi, menurut Dokter Lanti, saat ini sedang banyak-banyaknya permintaan darah. Namun pihaknya belum dapat merekap lantaran situasi struktuatif.

“Permintaan saat ini agak banyak, misalnya banyak yang melahirkan berarti permintaan meningkat,” kata Dokter Lanti, ketika dihubungi melalui selulernya pada Rabu (21/07/2021).

Ia menjelaskan, untuk mendonor darah terutama di masa pandemi covid-19 tidak ada syarat kusus yang diberlakukan. Namun pendonor wajib bebas dari covid-19. Yakni apabila pernah dinyatakan covid atau menjalani isolasi mandiri maka dibolehkan untuk mendonor tetapi maksimal dua minggu dan maksimalnya 4 minggu (satu bulan). Selain itu, uji klinisnya harus menunjang, seperti tidak ada gejala covid, bahkan lebih bagus lagi ada hasil PCR yang menyatakan negatif covid.

“Bisa saja orang donar walaupun perbah covid atau menjalani isolasi, tapi harus betul-betul steril artinya uji klinnisnya negative. Biasanya 2 minggu setelah menjalani isolasi mandiri, tapi kalau kami terapkan, lebih bagus di atas 4 minggu,” jelasnya.

Sehingga menurutnya, pendonor tidak perlu khawatir namun diharapkan agar dapat tergerak hati untuk meyumbangkan darahnya kepada mereka yang membutuhkan.

“Tentu sekali lagi dengan syarat bahwa pasti tidak sedang sakit covid, bisa mendonor setelah vaksinasi ke 2 dan sesudah 4 minggu sesuai uji klinis dan terutama memenuhi syarat jadi pendonor,” ungkapnya.

Fazhur Rahman, salah seorang pendonor darah mengatakan, belum lama ini ia mendonorkan darahnya kepada seseorang yang membutuhkan. Sehingga, pemeriksaan awal seperti biasa yakni pemeriksaan tensi darah serta syarat mendoror.

Selain itu, petugas menanyakan apakah sudah menerima vaksin covid-10 atau belum. sementara dia mengakuh, sudah divaksin kedua dan telah lebih dari 40 hari.

“Ya beberapa hari lalu saya baru donor. Tapi tidak pemeriksaan masih seperti biasa sebelum darah di ambil, lalu petugas tanya apakah saya sudah vaksin atau belum, itu saja,” kata Fazhur.(Red)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.