PMI butuh dukungan berbagai pihak guna penuhi stok darah di RS Nabire

Dua pendonor di ketika menerima piagam di Hotel JDF Nabire dari PMI, Sabtu (03/07/2120) – Bumiofinavandu.

Nabire, BumiofiNavandu – Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Nabire menggelar diskusi bersama lintas sektor guna mencari solusi tentang kebutuhan darah di RSUD Nabire. Diskusi ini melibatkan anggota DPDR Nabire, Kepolisian serta para pengiat donor darah di daerah ini.

Menutut Ketua PMI Nabire, Dokter Andreas Pekei, kebutuhan dari di RS Nabire terus meningkat bahkan bisa mencapai 300-350 kantong per bulannya. Sementara, stok darah yang bisa disiapkan oleh Unit Transfusi Darah (UTD) RS Nabire hanya bisa mencapai 80 kantong.

Bacaan Lainnya

“Kebutuhan sangat tinggi, tetapi persediaan minim. Sehingga kita perlu melakukan koordinasi dengan semua pihak yang peduli untuk mengatasi kekurangan ini,” ujar Dokter Pekei dalam diskusi yang dilaksanakan di hotel JDF pada Sabtu (03/07/2021).

Untuk itu, Direktur RS Nabire itu bersepakat untuk lebih merangkul berbagai elemen termasuk komunitas ataupun keagamaan untuk memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk berdonor.

Namun hal lain yang akan dilakukan adalah bila kebutuhan terus meningkat maka mau tau mau, pihaknya ingin lebih banyak akan merangkum seluruh elemen untuk memenuhi kebutuhan.

“Kalau kalau Pemkab Nabire mau, UTD diserahkan kepada PMI. Sementara operasional dan sebagainya dibiayai oleh APBD. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk UTD bisa untuk pembiyayaan yang lain,” tuturnya.

Maikel Hermanus, salah satu pendonor di Nabire menyerankan agar PMI dalam memenuhi kebutuhan darah, perlu rutin melakukan sosialisasi kepada komunitas, paguyuban ataupun tempat-tempat ibadah baik gereja maupun masjid.

Hermanus yakin, jika PMI rutin melakukan sosialisasi, tentunya masyarakat di Nabire lebih banyaklagi bersimpati untuk membantu pasien yang membutuhkan darah. Sebab banyak warga yang masih kurang memahami betapa pentingnya mendonor darah.

“Saya yakin, kalau pendekatan terus menerus dilakukan, pasti lebih banyak lagi pendonor yang akan yang berminat,” saran Hermanus.(Red)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.