Tidak semua guru honorer terima BSU di Nabire

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Yulianus Pasang di ruang kerjanya – BumiofiNavandu.

Nabire, BumiofiNavandu – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Nabire belum memiliki data valid terkait penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi tenaga guru honorer. Sebab, sejak pengurusan berkas hingga menerima bantuan, diurus guru yang bersangkutan. selain itu data dapodiknya berada di sekolah masing-masing.

“Jumlah penerima BSU di Nabire, kami sendiri belum tau berapa. Dan belum ada data valiv sebab itu lewat sekolah, karena diterima langsung oleh guru yang bersangkutan,” ujar Kadisdik Nabire, Yulianus Pasang, diruang kerjanya. Jumat (16/04/2021).
Secara keseluruhan menurut Pasang, data guru honorer termasuk tenaga guru kontrak untuk Kabupaten ini mencapai lebih dari 1.000 orang. Jumlah ini sudah termasuk SD, SMP dan SMA.
Sehingga, berapa total guru honorer yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat tersebut datanya berada di sekolah masing-masing.
“Bantuan tidak melalui Dinas tetapi diterima oleh yang bersangkutan. tapi nanti kalau ada masalah, misalnya kandas di Bank atau dimana baru guru yang bersangkutan datang konfirmasi dan diberikan surat keterengan,” tuturnya.
Pasang menjelaskan, penerima harus betul-betul sebagai guru honorer dan masih aktif melaksanakan tugas lalu. Namun calon pemerima ditentukan dari pusat atau kemendikbud berdasarkan dapodik sekolah.
Sehingga seleksi atau penentuan siapa yang berhak menerima adalah wewenang pusat, daerah bukan penentu.
“Kalau tidak salah yang terima, si A misalnya dapat semester lalu, berikutnya mungkin si C dan seterusnya. Artinya bantuan seperti itu tidak rutin,” jelasnya.
Amos Tiku Pasang, seorang guru honorer di SMP N I Nabire membenarkan jika pernah menerima BSU pada pertenganhan tahun lalu seberar Rp1.600 ribu rupiah.
Ia mengakuh, ada sejumlah persyaratan yang harus di kirim melalui link khusus dari kementerian pendidikan. seperti ijasah dan beberapa syarat lainnya.
“Jadi saya isi data dan kirim lewat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Saya sudah lupa tapi kalau tidak salah seperti itu,” ungkap Amoos.(Red)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar

  1. Ping-balik: เกม 3D
  2. Ping-balik: bonanza178
  3. Ping-balik: ผลบอล
  4. Ping-balik: from this source