396 Polisi Ikuti Sekolah Perwira, Polri Tambah Kuota Putra Asli Papua

Nabire, BumiofiNavandu – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui As SDM Polri memberikan penambahan kuota kepada personel Bintara yang merupakan putra asli Papua untuk mengikuti sekolah perwira.
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan, berdasarkan surat dari As SDM Mabes Polri, Polda Papua mendapat tambahan kuota sebanyak 77 orang. Sementara itu, Polda Papua Barat yang diterima berjumlah 150 orang.
“Sehingga total bintara Polda Papua yang mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi ( SIP) angkatan 50 tahun 2021 sebanyak 246 orang. Lalu, Polda Papua Barat 150,” kata Argo dalam keterangannya, pasa Sabtu (13/03/2021).
Calon peserta didik yang merupakan Bintara Polda Papua terdiri dari Orang Asli Papua (OAP) dan pendatang tersebut telah mengikuti tahapan seleksi dari pemeriksaan administrasi hingga terakhir Ujian Naskah Karya Perorangan (NKP) telah dinyatakan lolos terpilih.
Untuk Bintara Polri orang asli Papua yang mengikuti seleksi dari awal pemeriksaan administrasi hingga terakhir ujian Naskah Karya Perorangan ( NKP) semua telah terakomodir dan dinyatakan lulus.
“Para bintara yang dinyatakan lulus tersebut akan mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Sukabumi selama 7 bulan,” ujar Argo.
Sebelumnya telah dikabarkan sejumlah anggota Polri OAP telah menggelar aksi protes di Mapolda Papua terkait hasil seleksi SIP 2021 yang dianggap tak adil. puluhan anggota Polri OAP, melakukan aksi protes di Markas Polda Papua, Jumat (12/3/2021) malam di mapolda serta mendatangi rumah dinas Wagub Papua Klemens Tinal.
Peserta seleksi SIP angkatan 50 Tahun anggaran 2021 wilayah Polda Papua itu memprotes dan meminta hasil dibatalkan sebab dinilai tidak sesuai dengan program afirmasi otsus Papua.
Sebab, kuota otonomi khusus(otsus) melalui program Afirmasi Otsus Papua, kesempatan polisi OAP untuk mengikuti pendidikan SIP sebanyak 150 orang. akan tetapi, hasil seleksi yang diperoleh hanya 41 orang dan sisanya non-OAP. Sementara, Telegram Assiten Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri nomor B/466/REN.2.3/2021/SSDM kepada Kepala Lembaga Pendidikan Dan Latihan Polri tentang permintaan penyiapan tempat pendidikan SIP Tahun Anggaran 2021, tercatat ada penambahan peserta didik SIP seluruh Indonesia dari 1.500 menjadi 1.800 peserta didik.(Red)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.