BPJS Kesehatan Apresiasi Komitmen Pemkab Nabire Optimalkan Pelayanan Kesehatan

Nabire, Bumiofinavandu – Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire, telah menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan. penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi BPJS Kesehatan kepada Pemkab Nabire sudah berkomitmen memberikan kontribusi akses kesehatan kepada warga setempat.
“Plakat penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Nabire, merupakan wujud prestasi yang layak untuk diraih, seperti telah tercapainya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) lebih dari 95% pada tahun 2020 dan rutin dalam pembayaran iuran JKN-KIS Pemda tepat waktu sebelum tanggal 10 bulan berjalan,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Budi Sukwara, Kamis (25/02/2021) silam.
Budi, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire, yang telah melakukan upaya secara signifikan dalam menekan rasio rujukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan pembayaran klaim tepat waktu.
“Selain UHC, Pemda Kabupaten Nabire diberikan apresiasi terhadap rasio rujukan FKTP kurang dari 14%. Ini adalah angka yang sangat baik di mana tidak melampau dari angka target, artinya masyarakat Nabire telah rutin berobat di FKTP. Lalu ada kabar gembira di tahun 2020, RSUD Nabire telah tercapainya absensi klaim N-1 atau pembayaran yang selalu tepat waktu pada akhir tahun,” ujar Budi.
Ia mengimbau untuk selalu menjaga mutu pelayanan excellent, kepada masyarakat Nabire dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tugas-tugas yang menanti di depan dalam penyelenggaraan JKN-KIS yang optimal.
“Tugas kita selanjutnya tidak saja mempertahankan capaian tersebut namun juga menuntaskan tugas yang menanti seperti meningkatkan pelayanan kesehatan, termasuk kesiapan sarana dan prasarana yang mudah di jangkau oleh warga, kualitas peralatan dan ketersedian sumber daya manusia, baik secara umum maupun spesialis,” jelas Budi.
Asisten I Kabupaten Nabire, La Halim, juga menyampaikan semua capaian ini tidak bisa diperoleh sendiri oleh Pemda, melainkan kinerja dan koordinasi yang baik antara pihak-pihak garda depan pelayanan kesehatan. “Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada Dinas Kesehatan, rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang terlibat dan sekaligus menjadi penyemangat dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Kami akan terus mendukung program pemerintah pusat dalam bidang kesehatan yang berguna bagi masyarakat Nabire,” kata La Halim.(Red, Jamkesnews)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *