Tokoh masyarayat pertanyakan pembangunan terminal lintas; ini penjelasan dishub

  • Whatsapp
Lokasi pembangunan terminal tipe B Bumiwonorejo, Nabire pedalaman– Bumiofinavandu.

Nabire, Bumiofinavandu – Tokoh Masyarakat (Tomas) adat wilayah Meepago, Jhon NR Gobai mempertanyakan pembangunan terminal tipe B di kelurahan Bumiwonorejo, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Papua. pasalnya, pembangunan fasilitas umum yang satu ini dikabarkan hingga kini terbengkalai.

Menurutnya, pembangunan terminal yang dilakukan pemerintah Provinsi Papua itu harus dilanjutkan. Mengingat, sangat bermanfaat bagi beberapa Kabupaten seperti, Nabire, Paniai, Deiyai, Dogiyai, dan Intan Jaya dan lainnya.

“Kalau bisa jangan diabaikan terus. Tetapi dilanjutkan agar segera di difungsikan,” ujar Gobai melalui sambungan selulernya pada Rabu (3/2/2021).

Menurutnya, masyarakat tentunya sedang menunggu rampungnya terminal untuk digunakan. Mengingat selama ini, terminal yang digunakan angkutan lintas berada di areal pasar karang tumaritis. Tentunya dengan aktifitas kendaraan yang berparkir di tepi jalan di sana sangat mengganggu aktivitas lalulintas.

“Linta saja, selama ini mobil lintas parkir di jalan sepanjang areal pasar karang. Itu sangat menggangu kendaraan lain yang lalu lalang,” tuturnya.

Dia, melanjutkan, tercium aroma temuan dalam pembangunan terminal tersebut. namun bagi Dia, tidak ada urusannya untuk membahas. Terpenting adalah pembangunannya yang harus dituntaskan.

Mengingat, telah diatur dalam SK Gubernur Papua tentang retribusinya, untuk mendapat pemasukan PAD jika sudah difungsikan.

Sebab, jika pembanggunannya dihentikan, tentu pemerintah daerah Nabire yang merugi.

“Jadi saya harap Dinas terkait agar mempertimbangkan dan segera mennuntaskan,” harap Gobai.

Terpisah, Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Nabire, Samuel Rizky, mengatakan mandeknya pembangunan terminal itu terbagi dalam tiga tahap. Untuk tahap pertama dan kedua sudah sudah selesai.

Kemudian, memasuki tahap ketiga di Tahun 2020, anggarannya di ahlikan untuk PON Papua. selain itu, terdapat pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Papua dan Nabire.

“Untuk pembangunan terminal itu ada tiga tahap, satu dan dua sudah selesai. Masuk tahap tiga, diahlikan anggarannya ke PON. Juga termasuk pandemi yang melanda dunia,” kata Samuel.

Sehingga, lanjut dia, kemungkinan besar tahap tiga akan dilanjutkan setelah PON Papua.

“Kemungkian besar setelah PON baru dirampungkan,” lanjutnya.(Red)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.