8 Februari, Nakes dan pejabat public terima vaksin perdana

  • Whatsapp
Jubir (Dokter Frans Sayori) dan Vicktor Fun, ketua tim Covid-19 Kabupaten Nabire, Papua ketika memberikan penjelasan kepada awak media (01/02/2021) – Bumiofinavandu.

Bumiofinavandu.id – Juru bicara (jubir) tim Covid-19 Kabupaten Nabire, Papua, dr. Frans Sayori, mengungkapkan, sesuai hasil pertemuan tim covid yang dilaksanakan pada Senin (01/02/2021), maka pelaksanaan pemberian vaksin sinovax di Nabire 8 Februari pekan depan dan pelaksanannya di RSUD Nabire.

“Dan yang divaksin pertama adalah forkompimda, Bupati, Dandim, kapolres dan mereka bersediah,” ungkap Sayori usai pertemuan tim di aula RSUD Nabire. Senin (1/2/2010).
Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan vaksinasi khususnya pencatatan dan laporan, tim melalui kementerian kesehatan bekerjasama dengan BPJS kesehatan dalam mengupdate data termasuk mereka-mereka yang akan di vaksin.
Sehinga dalam rentang waktu beberapa hari kedepan, tim akan melengkapi data-data menerima vaksin.
Sayori juga memberi peluang kepada kaum milenial hingga awak media yang bersedia untuk menjadi relawan penerima vaksin perdana. Dapat mendaftarkan diri di dinas kesehatan Kabupaten Nabire.
“Jadi tidak serta merta vaksin datang lalu di suntik, tapi ada prosedur sebab akan terkonek dengan BPJS Kesehatan, sebab yang dibutuhkaan adalah NIK dan nantinya masuk dalam daftar orang yang siap divaksinasi,” jelas Sayori.
Menurutnya, sebelum pelaksanaan pada 8 februari nanti, tim gugus tugas akan mengeluarkan surat kepada mereka yang siap menerima vaksin perdana guna meminta kesediaannya melakukan screening awal.
Alasannya, agar pada pelaksanaannya nanti tdak membutuhkan waktu yang lama. Sebab, dalam pemberian vaksi terdapat sedikitnya empat meja yang disediahkan. Pertama, meda pendaftaran ulang, kedua screening yang memakan waktu cukup lama. Sebab perlu dilakukan pengecekan penyakit komorbid. Setelah itu ke meja penyuntikan. Setelah oenyuntikan di meja ketiga maka meja keempat akan dilakukan obserfasi selama 30 menit.
“Jadi, dalam beberap hari kedepan mereka akan di screening yang gunanya pada pelaksanaan tidak membutuhkan waktu banyak,” tuturnya.
Ketua tim Covid-19 Kabupaten Nabire, Vicktor Fun menambahkan perlunya persiapan sebelum pemberian vaksin sebaik mungkin. Dan untuk pelaksanaan pemberian akan dilakukan di RSUD Nabire, dan selanjutnya di puskesmas-puskesmas tentunya.
“Jadi untuk penerima perdana adalah forkompimda dan Nakes. Lalu perdana di RS dan selanjutnya di faskes masing-masing,” Tambah Vicktor.(Red)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.