Angka kesembuhan pasien covid-19 di Nabire meningkat

Juru bicara tim covid-19 Kabupaten Nabire, Papua, dr. Frans Sayori – Bumiofinavandu. 

Nabire, Bumiofinavandu.id – Juru bicara tim covid-19 Kabupaten Nabire, Papua, dr. Frans Sayori mengatakan total jumlah pasien covid-19 terkonfirmasi hingga Kamis (14/1/2021) sebanyak 429 orang. 

“Nabire sampai hari ini ada 429 kasus terkonfirmasi,” kata Sayori di Nabire, Kamis (14/1/2021). 
Dari jumlah itu, pasien sembuh sebanyak 354 orang, 62 dalam perawatan, 7 mengalami kontak erat dan 13 meninggal dunia. 
Ia mengungkapkan, data ini menunjukan bahwa pandemi belum berakhir. Artinya kasus bertambah karena hasil pemeriksaan PCR pada tiap hari pastinya ada yang terkonfirmasi positif. 
Namun yang perlu disyukuri di Nabire adalah angka kesembuhan meningkat. Misalnya dua yang positif, dan sembuh ada dua orang. 
“Jadi yang sembuh lebih banyak dari terkonfirmasi,” jelas Sayori. 
Menurutnya ada faktor yang mempengaruhi jumlah kasus di Nabire, seperti fasilitas yang terbatas. Mungkin juga banyak yang belum dilakukan pengecekan (dipantau atau dicari) dan sebagainya. 
Namun, ia mengaku bahwa petugas puskesmas saat ini terus memantau dan mencari orang-orang yang diduga kontak erat. 
“Jadi walaupun Faskes terbatas, dan sebagainya tapi petugas Puskesmas masih terus mencari mereka yang diduga punya kontak erat dengan pasien,” ujar Sayori. 
Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah ini agar terus menerapkan 3M (Mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker. 
Sebab walaupun pemerintah gencar ingin memutuskan mata rantai penularan pandemi covid melalui vaksinasi, akan tetapi prokes diabaikan maka pandemi akan lama berlalu. 
“Apa artinya vaksinasi kalau prokes dilanggar, kan sama saja,” imbuhnya. 
Sementara, Sekretaris Suku Wate Kampung Oheye, Distrik Nabire, Kurios B Duwiri mengaku masyarakat di daerah ini masih mengabaikan prokes. Hal ini terlihat dengan kurangnya orang memakai masker hingga masih berkerumun. 
“Jadi bagaimana covid mau hilang kalau kita abai prokes,” kata Duriwi.(Red)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.