Aparat Keamanan kawal kotak suara Distrik Nabire ke KPU

Kotak suara saat diangkut dari Distrik Nabire ke Kantor KPU – Bumiofinavandu. 

Bacaan Lainnya
Nabire, Bumiofinavandu – Aparat kepolisian mengawal sebanyak 245 kotak suara hasil perhitungan tingkat Distrik Nabire ke KPU pada malam (16/12/2020) pukul 23.50 WIT. 
Perwira pengendali pengamanan pilkada tingkat Distrik Nabire, AKP Burhanudin Pawenari mengatakan, dari hasil pengamanan dan pantauannya selama pencoblosan masa pungut hitung pungut dari sembilan Kelurahan dan tiga kampung terpantau berjalan aman lancer. Namun ia mengakui jika terdapat beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 245 TPS yang ada telah melakukan PSU ulang akan tetapi hasilnya juga berjalan sebagaimana mestinya. 
“semua aman terkendali. termasuk delapan TPS yang lakukan PSU dan hasilnya berjalan lancer dan aman,” kata Kapolsek Nabire Kota ini kepada Jubi saat mengawal pelaksanaan rekapitulasi tingkat Distrik Nabire. 
Sehingga, lanjut dia, seluruh rangkaian pelaksanaan sejal hari pencoblosan hingga pungut hitung dan rekapitulasi tingkat Distrik atau PPD Nabire telah selesai. Maka pihaknya akan mengawal sebanyak 245 kotak suara hasil pemilihan ke kantor KPU Nabire. 
“Puji Tuhan, semua sudah selesai, jadi kami akan kawal kembali ke KPU,” lanjutnya. 
Anggota PPPD Nabire, Otis Yoweni menambahkan, proses rekapitulasi perolehan suara di 246 TPS di Distrik Nabire, sejak jumat (11/12/2020) telah rampung. Maka selanjutnya akan diserahkan ke PKU guna proses rekapitulasi tingkat Kabupaten. 
Dari hasil rekapitulasi kegita paslon kata Yoweni, paslon nomor urut 01 atas nama Yuvinia Mote- Muhammad Darwis memperoleh suara sebanyak 33,476 (tiga puluh tiga ribu, empat ratus tujuh puluh enam). Sedangkan paslon dengan nomor urut 02 atas nama Mesak Magai- Ismail Djamaludin memperoleh suara sebanyak 28,665 (dua puluh delapan ribu enam ratus enam puluh lima) suara, dan paslon nomor urut 03 atas nama Fransiscus Xaverius Mote- Tabroni M. Cahya sebanyak 24,473 (dua puluh empat ribu empat ratus tujuh puluh tiga) suara. 
Kemudian jumlah suara sah ada 86,614 (delapan puluh enam, enam ratus empat belas) suara. Suara tidak sah 903 (Sembilan ratus tiga) dan jumlah keseluruhan sebanyak 87,517 (delapan puluh tujuh ribu, lima ratus tujuh belas). 
“Dan syukur bahwa selua rangkaian sudah selesai dan unggul di Distrik Nabire adalah paslon 02. Maka kami akan antar dikawal aparat kembali ke KPU,” ujar Otis Yoyeni.(Red)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Ping-balik: click for info